Kamis, 15 Desember 2011 08:33

NAPAK TILAS DAN RENUNGAN SUCI PERJUANGAN RAKYAT MENDANAU SELAT NASIK

Selat Nasik---“Sebagai bangsa yang besar tentunya kita tidak boleh melupakan sejarah. Karena sejarahlah yang telah mengantarkan kita pada masa kini. Apapun dan siapapun pelaku sejarah haruslah kita hargai dan hormati sebagai guru bangsa karena pengalamannya. Apalagi, beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada Tanggal 10 Nopember 2011, kita baru saja memperingati Hari Pahlawan. Tentunya momentum bersejarah ini memberi arti penting bagi masyarakat Belitung”, ungkap Bupati Belitung Ir.H.Darmansyah Husein dalam sambutannya saat mengikuti rangkaian acara Napak Tilas dan Renungan Suci Perjuangan Rakyat Mendanau, Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung tahun 2011, yang digelar Rabu, 14 Desember 2011 di Tugu Perjuangan Selat Nasik.

Selanjutnya Bupati juga berharap kegiatan napak tilas ini bukan sekadar seremonial tahunan semata. Melalui kegiatan ini Para peserta diharapkan dapat mengetahui secara detail tentang jejak sejarah perjuangan pahlawan. Peserta dapat saling mentranformasi pengalaman dan perjuangan pahlawan yang sarat dengan nilai kepahlawanan kepada generasi muda, sebaliknya generasi muda yang ikut dalam kegiatan ini dapat menyerap pengalaman dan perjuangan yang telah ditorehkan para pelaku sejarah.

Ditambahkan Bupati, ”Masa ini adalah waktunya kita untuk berbuat, dan bukan hanya sekedar bertanya, apalagi meminta. Berbuat, bertindak dan berkerjalah demi sebuah prestasi membangun bangsa yang kita cintai. Jadikan momentum ini sebagai sarana untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan diantara kita”, ajak Darmansyah.

Sebelum pelaksanaan upacara yang ditandai dengan penyalaan api obor dan prosesi peletakan karangan bunga sekitar pukul 19.30 WIB, rangkaian acara ini juga dimeriahkan dengan kegiatan napak tilas sejarah perjuangan rakyat Mendanau, Selat Nasik yang diikuti ratusan pelajar, pemuda, rombongan ibu-ibu PKK, dan masyarakat setempat dengan menyusuri Jl.Dahlan-Jl.M.Nuh-Jl.Merbabu-dan Jl.A.Gafur. Tidak ketinggalan napak tilas ini juga diikuti oleh Bupati Belitung, Wakil Bupati Belitung H. Sahani Saleh, S.Sos, beserta para aparatur di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung.

Kegiatan Napak Tilas ini memang menjadi agenda rutin yang di selenggarakan Kecamatan Selat Nasik setiap tahun sebagai upaya untuk menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), termasuk para pahlawan di Pulau Belitung, dan khususnya para pahlawan di pulau Mendanau, Kecamatan Selat Nasik.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung