Selasa, 27 Desember 2011 02:44

PEMBUKAAN SEMARAK KB KEPULAUAN DI KECAMATAN TANJUNGPANDAN

Tanjungpandan, 21 Desember 2011, Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein membuka acara Semarak KB Kepulaan yang dilaksanakan di Halaman Kantor Desa Lesung Batang Kecamatan Tanjungpandan. Acara ini merupakan kegiatan yang diadakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam Laporannya, Kepala BPMPDPKB Suharyanto, S.AP menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan pemerataan dan jangkauan pelayanan KB dan kesehatan reproduktif serta keluarga sejahtera bagi seluruh masyarakat.

Penggarapan KB kepulauan ini, diharapkan dapat menurunkan angka unmet need (pasangan yang usia subur yang tak terlayani KB). Juga akan berdampak bagi pengentasan kemiskinan dan juga angka kematian ibu dalam jangka panjang.

Bupati Belitung dalam sambutannya, mengatakan salah satu yang harus diwaspadai adalah pertumbuhan penduduk yang tidak terkendali. Selain itu berbagai persoalan yang timbul juga menurunnya kualiatas penduduk dan SDM. Oleh sebab itu, program KB menjadi program penting untuk menumbuhkan SDM dan daya saing yang tinggi dapat terwujud.

Pada acara ini juga, ditandai dengan pelepasan balon udara oleh Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Belitung H. Titiek Yoesiati Darmansyah Husein. Serta menyerahkan Implant Kit dan IUD Kit secara simbolis kepada Bidan yang telah mendapatkan sertifikat pada pelatihan Insersi IUD dan Implan. Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bangka Belitung Ruslan Sitepu menyerahkan bantuan sembako kepada peserta KB baru.

Turut hadir dalam acara ini, Bupati Belitung, Dandim 0414, Assisten I Pemprov Babel Erwandi A Rani Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Babel, Ketua Tim Penggerak PKK Belitung, Kepala Dinas, Camat, Kades serta para undangan.
Sumber: Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.