Selasa, 27 Desember 2011 02:47

BUPATI BELITUNG MERESMIKAN PEMBANGUNAN JEMBATAN SUNGAI PADANG DI KEC. SIJUK

Sijuk, setelah sekian lama menunggu, akhirnya masyarakat desa Sungai Padang merasa senang, bahwa pada hari Jum’at Tanggal 23 Desember 2011, Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein secara simbolis meresmikan pembangunan jembatan Sungai Padang. Acara ini dihadiri oleh Wakil Bupati Belitung, Bupati Belitung Timur, Dandim 0414 Belitung, Anggota DPRD Belitung, Sekda Kab. Belitung, Lanud, Polres Belitung, Kepala SKPD serta para undangan.

Kepala Dinas PU Kab. Belitung melaporkan, bahwa pembangunan jembatan ini agak terlambat karena adanya perubahan desain kerangka baja. Proyek pembangunan jembatan ini dikerjakan oleh PT. Bangka Cakra Karya dan bertidak selaku konsultan adalah PT. Wastu Asrindo Riau, dengan menelan biaya Rp. 38,3 milyar dengan dana Pagu Rp. 40 Milyar. Jembatan ini akan dibangun sepanjang 200 meter.

Dalam sambutannya, Bupati Belitung mengatakan pembangunan jembatan ini merupakan upaya untuk menghubungkan Belitung dengan Belitung Timur serta memudahkan akses ke daerah wisata di Kabupaten Belitung khususnya di Kecamatan Sijuk. Bupati juga meminta kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan memelihara jembatan ini. Pembangunan jembatan ini berasal dari APBD Kabupaten Belitung Rp. 20 Milyar dan hibah dari Pemprov Babel Rp. 20 Milyar dengan mengunakan sistem multy years pada tahun 2011 dan berakhir pada tahun 2012.

Pembangunan jembatan ini menggunakan kerangka baja mirip dengan jembatan gantung. Setelah sambutannya, Bupati Belitung didampingi Bupati Beltim, Wakil Bupati Belitung, Dandim 0414, Wakil Ketua DPRD Belitung dan perwakilan Lanud Tanjungpandan menekan tombol sirine untuk menandai peresmian pembangunan jembatan Sungai Padang.

Sumber: Dinas Pekerjaan Umum Kab. Belitung