Jum'at, 30 Desember 2011 03:17

25 MAHASISWA ASAL BELITUNG MENDAPATKAN BEASISWA

Tanjungpandan --- Pendidikan merupakan sektor penting untuk pembangunan sebuah negeri, karena dengan lahirnya generasi yang cerdaslah negeri itu akan maju. Di Kabupaten Belitung sudah 3 tahun berjalan untuk pemberian beasiswa kepada mahasiswa berprestasi asal Belitung. Hari ini bertempat di Ruang Sidang, Senin 19 Desember 2011 25 orang mahasiswa yang diwakili oleh orang tua dan wali, resmi mendapat beasiswa dari pemerintah Kabupaten Belitung.

Dalam sambutannya, Ir H Darmansyah Husein selaku Bupati Belitung mengatakan “dalam dunia pendidikan, bukan saja infrastruktur nya yang menjadi penunjang kelancaran. Melainkan kualitas pengajar pun menjadi hal yang perlu diperhatikan, untuk itu pemerintah Kabupaten Belitung juga telah memberikan beasiswa kepada beberapa guru yang memenuhi persyaratan untuk lulus S1, karena dalam peraturan Undang-Undang sekarang untuk menjadi seorang guru itu minimal harus S1”. Bupati menghimbau kepada orang tua, agar selalu memberikan semangat dan dorongan kepada anak-anaknya agar tetap berprestasi, karena untuk mendapatkan beasiswa ini tidaklah mudah.

Sementara itu Drs Rafeli Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung dalam laporannya mengatakan beasiswa ini sudah disosialisasikan melalui penyuluhan-penyuluhan serta berbaga media. Ia menjelaskan beasiswa ini ditujukan untuk para mahasiswa asal Belitung yang berprestasi dengan kondisi sosial ekonomi yang kurang beruntung. Pada tahun 2011, pendaftar mencapai 96 orang dengan 89 orang S1 Keguruan dan 7 orang S1 Kedokteran dan Keperawatan.

Untuk seleksi, dilakukan oleh team, yang terdiri dari 6 orang diantaranya pejabat struktural dan bapak-bapak pengawas. Penilaian dilihat dari 7 aspek, administrasi, status akreditasi perguruan tinggi, status sekolah negeri atau swasta, program studi, IPK 2 semester terakhir, kemampuan atau tanggungan orang tua yang mengajukan dan pekerjaan orang tua.

Adapun hasil seleksi sebanyak 25 orang yang lolos yang dibagi pada 2 kelompok, 25 orang dari tenaga keguruan dan non keguruan, 5 orang dari tenaga kedokteran dan keperawatan.

Nama-nama mahasiswa yang mendapat beasiswa
Non Keguruan dan Keguruan:



Kedokteran dan Keperawatan:


Sumber: Dinas Pendidikan Kab. Belitung