Jum'at, 6 Januari 2012 23:41

PEMKAB BELITUNG BANGUN BALAI LATIHAN KERJA (BLK) AGROWISATA

Dalam rangka melaksanakan program pembangunan Daerah, Pemerintah Kabupaten Belitung membangun Balai Latihan Kerja (BLK) Agrowisata yang terletak di Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Pembangunan BLK Pariwisata ini telah dimulai pelaksanaanya mulai tahun anggaran 2011.

Adapun pembangunan fisik yang sedang dikerjakan saat ini, diantaranya Pos Keamanan, Workshop Aneka Kejurusan Las, dan Workshop Kejuruan Otomotif. Saat ini dukungan Pemerintah Daerah meliputi, pembangunan jalan poros Desa melalui Dinas Pekerjaan Umum dengan sumber dana dari DAK dan APBD Kabupaten Belitung pada Tahun Anggaran 2012 dengan dana sebesar Rp 4 Milyar sesuai Surat Bupati Nomor:600/462/DPU/2011, tanggal 5 Desember 2011. Pemasangan jaringan listrik ke lokasi bangunan bersumber dari dana APBD melalui Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Belitung Tahun Anggaran 2012.

Pembangunan sempat terkendala adanya curah hujan yang tinggi pada bulan Desember 2011, sehingga menyebabkan banjir. Pembangunan ini direkomendasikan agar disekeliling bangunan yang telah dibangun ditimbun dengan tanah timbun/pasir selebar 2 m dari bangunan untuk mencegah erosi pada pondasi bangunan, selanjutnya pembangunan BLK agrowisata di Kabupaten Belitung agar dapat diteruskan pada tahun 2012.

Sebelumnya draf final rencana pembangunan BLK telah dipresentasikan oleh tim kementerian dan konsultan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI dihadapan Bupati Belitung yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Sosial Drs H Zakaria Arifaie, beserta segenap Jajaran di Lingkungan Pemkab Belitung pada Selasa, 26 Juli 2011 lalu di Ruang Rapat Bupati Belitung.

Sesuai dengan misinya BLK ini dibangun untuk menciptakan tenaga kerja siap pakai terutama di bidang agro dan wisata. BLK Agrowisata Keciput akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas workshop, yakni workshop pengolahan hasil pertanian, workshop perhotelan, dan workshop aneka kejuruan pertukangan, las, otomotif dan motor tempel, kerajinan, dan menjahit.

Selain itu, BLK ini juga memiliki kebun percontohan nanas badau, manggis, durian dan lada, berikut demplot pembibitan komoditas holtikultura dan perkebunan tersebut. Nantinya, kebun percontohan dan demplot pembibitan ini diharapkan dapat menjadi kawasan agrowisata yang dapat dinikmati oleh para wisatawan.Pembangunan BLK ini ditujukan untuk kemajuan daerah dalam rangka peningkatan sarana pendidikan dan pelatihan keterampilan kerja untuk masyarakat.

BLK Agrowisata Keciput diperkirakan akan beroperasi pada tahun 2013. Menurut tim Kementerian Nakertrans, BLK ini merupakan BLK Agrowisata pertama di Indonesia dan diarahkan menjadi BLK bertarap internasional.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung