Selasa, 10 Januari 2012 10:36

KELOMPOK TANI DAPAT BANTUAN ALAT PERTANIAN

Badau—Dalam rangka pelaksanaan acara Gelar Teknologi Pertanian yang berlangsung pada Sabtu, 7 Januari 2012 di Dusun Bukit Indah, Desa Kacang Butor, Kecamatan Badau, sejumlah kelompok tani di Kecamatan Sijuk, Badau dan Membalong mendapat bantuan alat pertanian dan sertifikat tani nanas dan manggis, serta bantuan pupuk, ternak sapi, penggilingan padi, dan hand traktor dari Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Belitung.

Bantuan alat pertanian diserahkan secara simbolis oleh Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein didampingi Wakil Bupati Belitung H Sahani Saleh, S.Sos, Sekda Kabupaten Belitung Drs Abdul Fatah, M.Si, Kadistanhut Belitung Ir Arfani serta segenap undangan lainnya.

Dalam laporannya Ir Arfani mengatakan, adapun bantuan pupuk diserahkan kepada Kelompok Tani Desa Juru Seberang (lada), Kelompok Tani Desa Sungai Padang (kelapa sawit), Kelompok Tani Desa Badau (nanas), Kelompok Tani Dusun Air Serekuk Desa Air Saga (karet), dan Kelompok Tani Desa Pelepak Puteh (kelapa sawit).

Sementara Bupati dalam sambutannya mengatakan, perkembangan pembangunan pertanian merupakan salah satu prioritas Pemkab Belitung. Pertanian merupakan sektor yang harus disubsidi oleh pemerintah. ”Kita di Kabupaten Belitung mempunyai program untuk mensubsidi program ini menggunakan APBD”, kata Darmansyah.

”Program-program di pemerintah pusat itu harus dijemput, Pemerintah Daerah dan Provinsi harus inovatif untuk mencari jalan keluar yang dapat memberikan manfaat bagi para petani”, lanjutnya.

Untuk alat pertanian diserahkan kepada Kelompok Tani Telingsing Jaya, Desa Kacang Butor (mesin penggilingan padi), Kelompok Tani Tanjung Kruing Desa Air Batu Buding (hand tractor), dan Kelompok Tani Bukit Indah Desa Kacang Butor (ternak sapi). Untuk sertifikat tani diserahkan untuk Kelompok Tani Bina Keluarga Desa Buluh Tumbang (sertifikat manggis), dan Kelompok Tani Harapan Desa Badau (sertifikat nanas).
                                             

Sumber: Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Belitung.