Selasa, 10 Januari 2012 10:39

BUPATI BELITUNG TERIMA UPAKARTI JASA KEPEDULIAN

Jakarta---Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein menjadi satu-satunya Bupati di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang meraih penghargaan Upakarti kriteria bidang jasa kepedulian dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, Kamis, 5 Januari 2012.

Upakarti bidang jasa kepedulian merupakan penghargaan yang diberikan kepada Kepala Daerah yang mengejawantah rasa bertanggungjawab dan berperan dalam menciptakan terobosan dan inovasi kebijakan untuk pengembangan Industri Kecil Menengah (IKM).

Darmansyah menerima penghargaan karena telah berperan aktif dan berpihak dalam mengembangkan industri kecil dan menengah (IKM) di Kabupaten Belitung, serta mempunyai visi, misi, dan komitmen kuat terhadap pengembangan IKM.

Menurut Kadisperindagkop Kabupaten Belitung MZ Hendra Caya, SE, M.Si yang menjadi pendamping Bupati saat menerima Upakarti, penghargaan ini untuk keberhasilan pembangunan dan pengembangan IKM di daerah. Proses seleksi berlangsung ketat dan diikuti beberapa peserta lainnya dari Kabupaten/Kota yang juga turut ambil bagian.

”Proses awal seleksi dilakukan Provinsi, baru dilanjutkan ke Pusat. Dari seluruh Indonesia disaring 10 Kepala Daaerah, dan kemudian dikerucutkan menjadi lima pemenang. Masing-masing Kepala Daerah dituntut untuk mempresentasikan program dan kinerjanya dalam bidang pengembangan IKM”, kata Hendra.

Selain Darmansyah, empat Bupati lainnya juga meraih upakarti yang sama, diantaranya Bupati Cirebon, Bupati Konawe, Bupati Parigi Motong, dan Bupati Kampar Riau. Namun menurut informasi yang diterima, Bupati Kampar Riau dinyatakan tidak lolos clearence dari Badan Intelegen Negara (BIN), sehingga hanya ada empat Bupati yang menerima Upakarti.
Sumber: Dinas Perindagkop Kabupaten Belitung