Kamis, 26 Januari 2012 04:11

BUPATI BELITUNG RESMIKAN PEMBANGUNAN 4 GEDUNG, TAMAN REKREASI, SARANA AIR MINUM, SERTA PENABURAN BENIH IKAN

Tanjungpandan---Selang seminggu Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein meresmikan pembangunan Gedung, Dermaga, Rumah Layak Huni, serta penyerahan sarana transportasi pedesaan, hari ini Rabu, 25 Januari 2012, Bupati kembali meresmikan pembangunan 4 gedung, taman rekreasi, sarana air minum, serta penaburan benih ikan bertempat di Kawasan Wisata Kolong Keramik.

Kepala Dinas PU Kabupaten Belitung Ir H Hasanuddin B, MM dalam laporannya mengatakan, adapun rincian kegiatan pembangunan yang diresmikan pada hari ini, diantaranya gedung Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Belitung, Gedung Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Belitung, Gedung Kelurahan parit, Gedung Puskesdes Pulau Gresik, Gedung dan Taman rekreasi Kolong Keramik, Sarana Air Minum IKK Sijuk, serta ditambah dengan penaburan 10.000 benih ikan di Kawasan Kolong Keramik.

Dalam acara peresmian ini diiiringi pula dengan kegiatan penaburan benih ikan, dimana hal ini dilakukan mengingat animo masyarakat yang sangat besar untuk melaksanakan kegiatan mancing di lokasi kolong keramik, dimana kawasan ini bukan hanya diperuntukkan untuk tempat rekreasi, tetapi juga fungsinya merupakan tempat resapan air di Kota Tanjungpandan dan juga tempat pengambilan air untuk pemadam kebakaran serta kebutuhan air masyarakat dikala musim kemarau.

Sementara Bupati dalam sambutannya mengatakan, peresmian ini merupakan hasil pembangunan yang kita lakukan pada tahun 2011 yang anggarannya mencapai lebih dari 100 Milyar dan sebagian digunakan untuk pembangunan infrastruktur dan pelayanan kepada masyarakat, dan hal ini merupakan tonggak sejarah baru sebagai upaya untuk menata birokrasi pemerintah.

Sesungguhnya penataan fisik tidak sulit untuk dilakukan, jika ada uang, anggaran, arsitek, asal tidak macam-macam, maka akan menjadi bagus, namun yang sulit itu menata dan memperbaiki sistem manajemen SDMnya, hal ini tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Oleh karenanya, dengan peresmian gedung dan beberapa sarana ini, sekarang tinggal selanjutnya bagaimana kita memperbaiki sistem manusianya agar bisa bekerja dengan baik. ”Sekarang tidak ada alasan lagi bagi kita untuk tidak bekerja dengan baik dengan kondisi kantor yang sudah bagus dan representatif”, tegasnya.

Selanjutnya terkait kolong keramik, nanti diharapkan akan menyusul kolog-kolong lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk sarana pariwisata, tentunya dengan dikaji dan harus dilakukan secara kreatif. Diakhir sambutannya Bupati juga menghimbau kepada para kontraktor, para Kepala SKPD yang membimbing para pekerja lokal, mengingat tenaga lokal yang kita miliki masih banyak yang harus dibenahi, baik itu kualitas kerjanya, attitudenya (sikapnya), apalagi nantinya akan banyaknya volume pembangunan yang akan di lakukan di Belitung. Mari kita pikirkan cara untuk membimbing dan meningkatkan kualitas para pekerja agar dapat bekerja dengan baik, rapi dan bertanggungjawab.

”Selanjutnya saya juga menekankan agar para PNS yang bekerja dalam Gedung yang baru agar senantiasa memiliki spirit dan dapat bekerja dengan lebih baik lagi sehingga dapat membangun suatu sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik sesuai dengan harapan masyarakat” harap Bupati.

Turut hadir dalam acara Ketua DPRD Kabupaten Belitung Andi Saparudin Lanna, SH, Wakil Bupati Belitung H Sahani Saleh, S.Sos, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Kepala SKPD, para Asisten, Kepala Bagian, tokoh masyarakat, tokoh pendidikan, Ketua MUI Kabupaten Belitung, Direktur dan Direksi BUMD, serta segenap undangan lainnya. Acara peresmian ditandai dengan penekanan tombol sirene, penandatangan prasasti dan pemotongan tumpeng.

Sumber: Dinas Pekerjaan Umum Kab. Belitung