Senin, 30 Januari 2012 03:03

Belitung Programkan Lingkungan Bersih - Tanjung Tinggi Pantai Bebas Sampah

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung memprogramkan lingkungan bersih khususnya obyek-obyek wisata. Rencananya Pantai Wisata Tanjungtinggi Kecamatan Sijuk yang akan dijadikan percontohan lokasi wisata bebas sampah.

Sesuai dengan tujuannya, maka setiap hari Jumat dijadwalkan dilakukan aksi pembersihan sampah oleh masing-¬masing Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Belitung.

Menurut Sekretaris Daerah (Setda) Kabupaten Belitung Abdul Fatah, tujuan dilaksanakannya program obyek wisata bebas sampah ini untuk memberikan rasa nyaman kepada setiap pengunjung yang datang.
“Sangat penting menciptakan lingku¬ngan bersih. Pencitraan alam khususnya tempat wisata akan terbangun jika program ini terwujud,” kata Abdul Fatah kepada Bangka Pos Group, Jumat (27/1/2012).

Program kebersihan ini menurut        Abdul Fatah merupakan program berkelanjutan. Intinya bukan sekedar membersihkan sampah setiap minggu atau satu bulan sekali, namun untuk menggugah dan memupuk kesadaran masyarakat, pelaku wisata, pelaku kuli¬ner, pengunjung dan semua yang berkepentingan untuk sadar bersih.
“Bagian terpenting yang ingin disampaikan adalah menumbuhkan kesadaran akan pentingnya kebersihan. Ketika kesadaran itu sudah melekat maka dengan sendirinya lingkungan akan terjaga.      Orang akan malu, jika setiap minggu pemda membersihkan pantai. Ketika itu dirasakan maka Insya Allah, kesadaran kebersihan membentuk,” kata Abdul Fatah.

Kondisi kebersihan Pantai Wisata Tanjungtinggi saat ini penuh dengan sampah seperti rumput laut. Bila dilihat lebih teliti, sampah ini karena musim angin barat yang membuat gelombang pasang, sehingga membawa sampah ini ke bibir pantai.
“Yang tidak menariknya itu adalah sampah-sampah seperti botol-botol        minuman, plastik makanan atau sisa-sisa kertas. Kalau rumput laut itu alam, arti¬nya tidak setiap saat karena dipengaruhi musim. Untuk sampah bukan alam inilah yang ingin kita antisipasi. Awalnya de¬ngan program bersih obyek wisata seperti ini,” kata Abdul Fatah.

Tahap awal Pemkab Belitung akan me¬ngoptimalkan pegawai di semua SKPD. Dan semuanya sudah dijadwalkan hingga Juni 2012.
“Masing-masing SKPD sudah jelas aturannya. Ini tidak wajib tapi diharuskan,” kata Abdul Fatah.

Abdul Fatah berharap dengan kegiatan ini Pantai Wisata Tanjungtinggi menjadi pantai yang bersih yang dapat dibanggakan masyarakat Belitung.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Belitung Jasagung Hariyadi menambahkan, fokus Disbudpar adalah menciptakan rasa nyaman terutama di lokasi-lokasi wisata yang sudah menjadi ikon daerah.
“Kalau bersih semuanya juga senang. Kita awali di Tanjungtinggi. Dan semua obyek wisata kita prioritaskan,” kata Jasagung.

Menurut Jasagung, tanggungjawab kebersihan bukan hanya pada dinas terkait semata. Melainkan seluruh lapisan masyarakat. Maka dengan menumbuhkan kesadaran masyarakat lebih penting dibanding kebersihan temporer.
“Kalau orang sudah sadar dan membudayakan bersih, dijamin lokasi wisata itu akan maju dan berkembang. Tentu¬nya menjadi kebanggaan daerah,”        ungkap Jasagung.

Pembersihan sampah di pantai wisata Tanjungtinggi dilakukan bersama-sama. Hadir dalam kegiatan anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Kebersihan Pasar dan Pertamanan, Disbudpar dan lainnya. Kegiatan dimulai pukul 14.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 17.00 WIB. (adv/GUMAY)



Sumber: Dinas Kebudayaan dan PaAriwisata Kab. Belitung