Jum'at, 3 Februari 2012 07:41

FAKULTAS KELAUTAN DAN PERIKANAN UBB BESAR KEMUNGKINAN ADA DI BELITUNG

Gubernur Eko Maulana Ali didampingi mantan Dirut PT Timah Tbk Thobrani Alwi, Rektor UBB Bustami Rahman, anggota DPD RI Bahar Buasan, Ketua MUI Babel  Usman Fathan, Anggota DPD RI Tellie Gozellie dan Bupati Belitung Darmansyah Husein resmi menandatangani prasasti peresmian gedung kampus UBB IV bantuan Pemprov Babel, Kamis (2/2) bertempat di Balonijuk, Bangka.

Eko mengatakan, cita-cita pendirian Fakultas Kelautan dan Perikanan di Belitung ini sudah lama. Hal inilah yang sering menjadi topic pembicaraannya dengan Darmansyah setiap kali bertemu. Seusai peresmian Kampus UBB, Rektor Universitas Bangka Belitung H Bustami Rachman juga mengemukakan prinsipnya sangat dimungkinkan Fakultas Kelautan dan Perikanan di Belitung terwujud. Sementara itu Tellie Gozellie juga sangat berharap banyak akan hal ini, bahkan Teliie mengaku telah menyerahkan beberapa dokumen pendukung pendirian tersebut sebagai tindak lanjut pertemuan dengan Gubernur Babel beberapa waktu lalu.

Selain Tellie, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Belitung, Ishak Holidi juga sangat menyambut baik rencana pembangunan Fakultas Kelautan dan Perikanan UBB di Pulau Belitung. Pulau Belitung dianggap lokasi paling cocok sebagai tempat pendirian Fakultas Kelautan dan Perikanan. Karena menurutnya, pembangunan fakultas ini dapat member keuntungan bagi masyarakat Belitung, diantaranya lulusan SMU tidak harus keluar daerah untuk menempuh pendidikan S1. Selain itu masyarakat tidak harus mengeluarkan biaya besar untuk mengirim anaknya keluar daerah melanjutkan kuliah.

Pembangunan ini juga akan menghapus sebagian kecil isu kesetaraan yang muncul antara pembangunan di Pulau Bangka Belitung. Ishak mengatakan share dana yang diperlukan untuk pembangunan fakultas ini bisa dikoordinasikan antara dua kepala daerah di Pulau Belitung.

Sumber: Pos Belitung