Jum'at, 3 Februari 2012 07:42

KASIRAN, KADES TERPILIH DESA IBUL

Badau--- Terhitung sejak hari Kamis, 2 Februari 2012, Kasiran resmi menjabat sebagai Kepala Desa Ibul, Kecamatan Badau Periode 2012-2018. Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Kades dilakukan langsung oleh Wakil Bupati Belitung, H Sahani Saleh, S.Sos dihadapan segenap undangan yang hadir di Kantor Kepala Desa Ibul.

Dalam sambutannya Wabup mengatakan pembentukan desa ibul merupakan perwujudan keinginan dan prakarsa masyarakat Desa Ibul sendiri. Pemerintah Desa Badau bersama-sama dengan Pemerintah Kecamatan Badau dan Pemerintah Kabupaten Belitung hanya merespon dan memfasilitasi, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Terdapat tiga faktor penting yang menentukan keberhasilan pembangunan desa. Pertama, dukungan masyarakat terhadap Kepala Desa. Salah satu bentuk dukungan itu adalah peran serta atau partisipasi, baik dibidang pemerintahan, pembangunan, maupun kemasyarakatan. Faktor kedua adalah kerjasama yang baik antar lembaga dan elemen yang ada di desa, baik antara Kepala Desa dengan BPD dan LPM, maupun antara Kepala Desa dengan Sekretaris Desa, Kepala Urusan, Kepala Dusun, Ketua RW, dan Ketua RT. Kerjasama ini penting dijalin dengan baik dan harmonis, karena kepemimpinan pemerintahan merupakan kepemimpinan kolektif yang satu sama lain harus saling menunjang, sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing yang telah diatur oleh peraturan perundang-undangan. Faktor ketiga adalah adanya kreatifitas dan inovasi Kepala Desa dalam memanfaatkan potensi dan sumberdaya yang ada di desa, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan Pendapatan Asli Desa (PADes), melalui Usaha Ekonomi Produktif Berkelanjutan yang ramah lingkungan. 

Bertolak dari ketiga faktor tersebut, melalui kesempatan ini Wabup mengajak seluruh masyarakat Desa Ibul untuk memberikan dukungan kepada Kepala Desa terpilih, melalui partisipasi aktif dalam seluruh bidang pembangunan. Tingkatkan gotong royong, kembangkan potensi ekonomi dan seni budaya, berikan sumbang saran dan kritik membangun untuk kemajuan desa.
”Kepada Kasiran saya minta agar melaksanakan tugas dengan baik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, menjalin kerjasama yang harmonis dan produktif dengan seluruh elemen pemerintahan desa, serta meningkatkan kreatifitas dan inovasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan Pendapatan Asli Desa (PADes)”, pesan Wabup diakhir Sambutannya.

Turut hadir dalam acara Asisten I Bidang Pemerintahan B. Maiya Hasibuan, SH, Staf Ahli Bidang Administrasi Drs Arham Armuza, S.Ip, Perwakilan DPRD Kabupaten Belitung, Perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Kepala Dinas/Kantor/Badan/Bagian, para Camat/Kades atau yang mewakili, serta segenap undangan lainnya. 


 


Sumber: Humas Setda Kab. Belitung