Selasa, 7 Februari 2012 04:35

BUPATI BELITUNG LUNCURKAN PRODUK SMK

Tanjungpandan—Beberapa tahun terakhir ini, berdasarkan kondisi dan permintaan pasar kerja di Negara kita yang sangat membutuhkan tenaga kerja terdidik, terampil dan siap pakai, maka didirikanlah banyak sekolah menengah kejuruan yang meliputi bidang-bidang teknis dan nilai strategis bagi pengembangan industri serta ekonomi suatu daerah. Dengan kata lain, jurusan-jurusan yang ada di tiap SMK terus disesuaikan seiring dengan penyerapan tenaga kerja dibidang industri perhotelan, pariwisata, pertanian, manajemen, dan sebagainya, jelas Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein saat acara Peluncuran Produk SMK, sekaligus Peresmian Bangunan Gedung Sekolah di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung, Sabtu, tanggal 4 Februari 2012 bertempat di SMKN 1 Tanjungpandan.
“Jadi, kalaupun siswa tidak melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi, mereka sudah siap terjun sebagai tenaga kerja produktif di masing-masing sektor tersebut”, kata Darmansyah.

Tentunya kita semua berbangga atas pencapaian prestasi ini, serta berharap suatu hari nanti para pelajar SMK di Kabupaten Belitung mampu melahirkan inovasi dan kreasi produktif di bidang otomotif dan bidang-bidang lainnya, lanjutnya.
Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung Drs.Rafeli merasa bersyukur atas kemampuan yang dimiliki para siswa yang tidak kalah dengan siswa-siswa sekolah lain, seperti yang ditunjukkan dalam peluncuran produk SMK. ”Saya berharap kreativitas seperti ini dapat terus dikembangkan sesuai dengan bidang-bidang yang digeluti”, harap Rafeli.

Lebih jauh Dindik akan mencoba memprogramkan semacam promosi SMK seperti mengadakan kegiatan peluncuran produk SMK setiap tahun, agar masyarakat dan setiap siswa tahu bahwa masuk ke SMK bukan berarti kalah dari sekolah lain. Justru di SMK mereka akan mendapatkan kompetensi dan keahlian yang mungkin dapat mereka jadikan sebagai modal untuk berkarir di masa depan.
Peluncuran produk SMK menjadi salah satu bukti nyata bahwa putra-putri Kabupaten Belitung memiliki motivasi tinggi untuk mengejar ketertinggalan dan mensejajarkan diri dengan daerah dan bangsa lain. Adapun hasil karya perakitan peralatan teknologi informasi yang dihasilkan berupa komputer, LCD dan Laptop, produk kerajinan logam, bibit ikan, dan layanan servis kendaraan yang dipamerkan oleh para pelajar SMKN 1 Tanjungpandan, SMKN 2 Tanjungpandan, SMKN 1 Badau, dan SMKN 1 Selat Nasik.

Peluncuran produk ditandai dengan penekanan tombol bersama yang dilakukan oleh Bupati Belitung, Wakil Bupati Belitung H Sahani Saleh, S.Sos, Kepala SMKN 1 Tanjungpandan Ardono, serta perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dengan disaksikan segenap dewan guru dan pengurus sekolah, para pelajar dan segenap undangan lainnya. Disela-sela acara Bupati dan rombongan juga menyempatkan diri melihat proset perakitan laptop hasil kreasi dan inovasi pelajar SMK.


Sumber: Humas Setda Kab. Belitung