Jum'at, 24 Februari 2012 02:11

WABUP RESMIKAN MESJID MANBA’UL HIDAYAH

Tanjungpandan__Wakil Bupati Belitung, H Sahani Saleh, S.Sos meresmikan pembangunan Masjid Manba’ul Hidayah yang terletak di Jalan Raya Sijuk pada Jum’at, 17 Februari 2012. Sebelumnya masjid ini masih berbentuk surau yang telah berdiri sejak tahun 1985.

Dalam laporannya Ketua Masjid Manba’ul Hidayah mengatakan, pembangunan surau ini diprakarsai oleh pemuda dan tokoh masyarakat yang berada di sekitar lingkungan surau. Sejak berdiri surau ini telah mengalami perbaikan besar selama satu kali pada tahun 2005 hingga sekarang mengalami perluasan menjadi Masjid. Geografis keadaan Masjid ini berada dalam lingkungan RT 13 Dusun Aik Rendudong, Desa Air Merbau. Dusun Rendudong ini terdiri dari 5 RT dengan jumlah sebanyak 200 warga, sedangakan untuk warga yang beragama islam sekitar 162 orang. Masjid ini juga berdekatan dengan Dusun Aik Rembing, Dusun Kerjan, dan Dusun Asam Lubang.

Sementara Wabup Dalam sambutannya mengatakan, masjid adalah tempat ibadah kaum muslimin yang memiliki peran strategis dalam pertumbuhan peradapan umat islam. Masjid bukan hanya sebagai tempat untuk menunaikan ibadah shalat, tetapi juga berperan sebagai pusat pendidikan dan penyebaran syiar islam. Bahkan pada zaman Rasulullah, masjid disamping digunakan sebagai tempat menyelesaikan berbagai persoalan umat, juga menjadi pusat pemberdayaan masyarakat.

Seiring dengan pertumbuhan masjid dan tantangan perubahan zaman yang semakin cepat, pengelolaan Masjid saat ini menuntut manajemen yang baik untuk mewujudkan kemakmuran Masjid. Sebagaimana firman Allah SWT, ”Hanyalah yang memakmurkan Masjid-Masjid Allah, ialah orang-orang yang beriman di kemudian hari, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan tidak takut kepada siapapun selain kepada Allah. Maka merekalah orang-orang yang diharapkan, termasuk golongan orang-orang yang mendapatkan petunjuk”, (Al-Quran, Surat At-Taubah;ayat 18). Oleh karena itu, sesuai dengan perintah Allah SWT, masjid harus dikelola dengan sebaik-baiknya dan difungsikan seoptimal mungkin.

Acara peresmian masjid ini turut dihadiri oleh Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein, Camat Tanjungpandan Anas Nasito, SH, Jajaran di Lingkungan Pemkab Belitung, para pengurus Masjid, masyarakat setempat dan segenap undangan lainnya. Peresmian Masjid ditandai dengan pembukaan selubung nama oleh Wabup, dilanjutkan dengan foto bersama, serta peninjauan ke sekitar area pembangunan Masjid yang saat ini masih dalam proses pengerjaan.
Sumber: Humas Setda Kabupaten Belitung