Rabu, 29 Februari 2012 02:02

BUPATI BELITUNG PIMPIN UPACARA PERINGATAN BULAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA

Tanjungpandan---”Pemerintah Kabupaten Belitung akan berupaya mengimplementasikan pelaksanaan dan penerapan syarat-syarat terkait Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) melalui pembekalan kepada pejabat pengadaan barang dan jasa pemerintah, sehingga pejabat tersebut memahami pentingnya K3 dalam melaksanakan tugasnya. Pada sektor pertambangan kita harus memperhatikan syarat-syarat K3 untuk mengurangi kecelakaan dan penyakit akibat kerja serta mewujudkan lingkungan kerja yang aman”, jelas Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein saat menyampaikan sambutan dari Menteri Tenga Kerja dan Transmigrasi RI Muhaimin Iskadar pada Upacara Peringan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam rangka mengajak masyarakat dan dunia usaha di Belitung untuk membudayakan K3 di lingkungan masing-masing yang berlangsung pada Sabtu, 25 Februari 2012 di Halaman Hotel Grand Hatika Tanjungpandan.

Selanjutnya Bupati menambahkan, dalam upaya menyukseskan penerapan sistem manajemen K3 secara nasional, tahun 2004 sekitar 300 perusahaan termasuk yang ada di Kabupaten Belitung menuju K3 pada tahun 2015. Kegiatan K3 hendaknya dapat memenuhi tututan negara-negara maju yang merupakan representasi masyarakat internasional terhadap persyaratan suatu produk barang atau jasa yakni, mutu, aman, ramah lingkungan memenuhi standar internasional tertentu seperti, ISO 9001 series, ISO 1400 series, OHSAS 18000 series dan SMK3.
”Untuk tahun 2012 Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Belitung sudah mulai menggagas gerakan sadar K3 dengan melibatkan pelaku usaha. Gerakan ini diharapkan akan terus berlanjut”, katanya.

Disela-sela acara berlangsung pula peragaan pemadaman api menggunakan selimut basah, alat pemadaman api ringan (APAR) serta air dari mobil pemadam kebakaran. Beberapa perwakilan dari perusahaan yang hadir pun ikut mencoba mempraktikkan prosedur pemadaman api yang benar seperti yang diperagakan.

Turut hadir dalam acara, Wakil Bupati Belitung H Sahani Saleh, S.Sos, perwakilan Forkompimda, perwakilan DPRD, Sekda Belitung Drs H Abdul Fatah, M.Si, Asisten I Bidang Pemerintahan Setda B. Maiya Hasibuan, SH, Asisten III Bidang Administrasi drg. Dian Farida M.HM, para Kadin/Kaban/Kakan/Kabag atau yang mewakili, Camat Tanjungpandan Anas Nasito, SH serta undangan lainnya.

Sumber: Humas Setda Kabupaten Belitung