Kamis, 1 Maret 2012 13:55

BUPATI BELITUNG BUKA MUSRENBANG KECAMATAN SIJUK

Sijuk___Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Sijuk Tahun 2012 resmi dibuka oleh Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein pada Rabu, 29 Februari 2012 dengan mengusung tema ”Dengan semangat Musrenbang, kita tingkatkan sumber daya kepariwisataan, perikanan, pertanian, dan Rumah Tangga menuju Kecamatan Sijuk maju, mandiri, beriman dan sejahtera” di Pantai Pendaunan, Sijuk. Sebelumnya Musrenbang Kecamatan Selat Nasik juga telah dilaksanakan pada Senin (27/2) dan Kecamatan Badau pada Selasa (28/2).

Kegiatan Musrenbang merupakan agenda rutin yang dilaksanakan Pemkab Belitung setiap tahunnya sebagai forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan di tingkat kelurahan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan terkait yang didasarkan pada masukan dari desa/kelurahan, serta menyepakati rencana kegiatan lintas desa/kelurahan di kecamatan yang bersangkutan.

Masukan itu sekaligus sebagai dasar penyusunan Rencana Pembangunan Kecamatan yang akan diajukan kepada SKPD yang berwenang sebagai dasar penyusunan Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten/Kota pada tahun berikutnya. Musrenbang Kecamtan dilaksanakan setiap tahun pada bulan Maret dengan luaran berupa Dokumen Rencana Pembangunan Kecamatan serta masukan untuk Renja SKPD Kecamatan.

Bupati Belitung dalam arahannya mengatakan, perlulah kiranya agar kita terus memacu semangat dan kemauan untuk tidak henti-hentinya belajar, melakukan evaluasi dini dan lanjutan terhadap pembangunan yang dilaksanakan maupun yang masih direncanakan. Dengan demikian, sedikit demi sedikit tujuan untuk mensejahterakan masyarakat dapat tercapai.

Pembangunan akan selalu ekuivalen dengan sinergitas partisipasi aktif dari seluruh komponen dan potensi yang dimiliki oleh suatu wilayah, mulai dari desa/kelurahan, hingga di tingkat yang lebih tinggi. ”Karena itu, salah satu kunci penting untuk mewujudkan semua harapan yang dimaksud adalah komunikasi dan koordinasi yang efektif guna menyamakan gerak langkah, persepsi, dan konsepsi mendasar tentang berbagai hal”, jelas Darmansyah.

Turut hadir mendampingi Bupati, Wakil Bupati Belitung H Sahani Saleh, S.Sos, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Belitung Junaidi Haminte, S.Ip, Asisten I Bidang Pemerintah Setda B. Maiya Hasibuan, SH, Kepala Bappeda Kabupaten Belitung Ir. Hermanto, Camat Sijuk Adnizar, SH, segenap Jajaran di Lingkungan Pemkab Belitung, serta segenap undangan lainnya.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung