Jum'at, 2 Maret 2012 09:46

MUSRENBANG KECAMATAN BAHAS PROGRAM PEMBANGUNAN TAHUN 2013

Tanjungpandan___Rangkaian pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Pemerintah Kabupaten Belitung akhirnya berakhir di Kecamatan Tanjungpandan pada Jum’at, 02 Maret 2012 di Kantor Camat Tanjungpandan dengan mengusung tema “Melalui Forum Musrenbang Kecamatan Tanjungpandan, Kita Optimalkan Peran Masyarakat Dalam Penataan Permukiman Dengan Sanitasi Yang Sehat Menuju Hidup Sejahtera”.
Sebelumnya Musrenbang Kecamatan Membalong juga telah dilaksanakan pada Kamis (1/3) di Kantor Camat Membalong dengan tema ”Dengan Musrenbang, Kita Sukseskan Pembangunan Tingkat Kecamatan Membalong”.

Musrenbang merupakan bagian terpenting dari implementasi beberapa produk perundangan, antara lain, Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara serta Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah. Untuk itu, Pemerintah Daerah wajib menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) sebagai rencana tahunan.

Pembangunan Desa/Kelurahan adalah muara awal dari pengembangan dan pencapaian pembangunan nasional. Karena itu, perencanaan pembangunan selalu diawali dari desa dan kelurahan, kemudian akan dibahas kembali di tingkat Kecamatan hingga tingkat nasional. Oleh karenanya pada setiap penyusunan dokumen rencana pembangunan tersebut diperlukan koordinasi antar instansi dan partisipasi seluruh pelaku pembangunan.

Seperti disampaikan Wakil Bupati Belitung H Sahani Saleh, S.Sos dalam sambutannya saat membuka rangkaian pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Tanjungpandan mengatakan, esensi dari pelaksanaan Musrenbang bukanlah untuk mencari perbandingan dan mengeliminasi kepentingan lain secara sepihak, namun lebih kepada evaluasi untuk perbaikan dan peningkatan kearah tujuan yang dimaksud melalui strategi penentuan skala prioritas, manfaat, daya guna dan tepat sasaran.
”Karena itu, sangat diharapkan melalui Musrenbang ini usulan-usulan program yang disampaikan melalui Bappeda dapat diintegrasikan kedalam kerangka umum pembangunan Kabupaten Belitung yang berkesesuaian pula dengan Renstra Pembangunan Daerah secara holistik”, jelasnya.

Tentunya seiring waktu berjalan akan semakin banyak kendala yang dihadapi dan sangat kompleks sifatnya. Karena itu, perlulah kiranya agar kita terus memacu semangat dan kemauan untuk tidak henti-hentinya belajar dari pengalaman, melakukan evaluasi dini dan lanjutan terhadap pembangunan yang dilaksanakan maupun yang masih direncanakan. Dengan demikian, sedikit demi sedikit tujuan untuk mensejahterakan masyarakat dapat tercapai.

Salah satu kunci penting untuk mewujudkan semua harapan yang dimaksud adalah komunikasi dan koordinasi yang efektif guna menyamakan gerak langkah, persepsi, dan konsepsi mendatang tentang berbagai hal. ”Saya yakin dan percaya dengan pembangunan yang terencana secara baik didukung implementasi mekanisme sistem tata kelola pemerintahan serta infrastruktur yang tetap akan menjadikan Belitung terus bergerak maju”, tegas Wabup.

Lebih jauh pelaksanaan Musrenbang diharapkan dapat menampung aspirasi masyarakat tentang pembangunan desa untuk dibawa ke Musrenbang tingkat Kabupaten sebagai program kerja 2013 agar pembangunan di Kabupaten Belitung dapat berjalan lancar dan sukses. Turut hadir mendampingi Wabup, Kepala Bappeda Kabupaten Belitung Ir. Hermanto, Perwakilan DPRD Kabupaten Belitung, Camat Tanjungpandan Anas Nasito, SH, perwakilan Desa/Kelurahan, serta segenap undangan lainnya.

Sumber: Humas Setda Kabupaten Belitung