Rabu, 7 Maret 2012 03:29

Bupati buka Program Pengelolaan CSR Perusahaan

Tanjungpandan - Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein secara resmi membuka Pertemuan antara Pemerintah Kabupaten Belitung dengan Pimpinan Perusahaan (BUMN-BUMD dan Swasta) yang Beroperasi di Wilayah Kabupaten Belitung guna mensinergikan Program Pengelolaan CSR Perusahaan dengan Program Kerja Pemerintah Kabupaten Belitung, Selasa, 6 Maret 2012 bertempat di Ruang Rapat Bapedda Kabupaten Belitung.

Agenda acara dalam kegiatan ini antara lain penyerahan buku Dokumen Perencanaan dan pengelolaan Tanggung Jawab Sosial Dunia Usaha di kabupaten Belitung, Koordinasi Perencanaan CSR perusahaan di Kabupaten Belitung serta Pembentukan Forum Komunikasi CSR Kabupaten Belitung.

Maksud diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk mengurangi tumpang tindih kegiatan pengembangan wilayah antara Pemerintah dan Perusahaan, memberdayakan keberadaan berbagai program dan kegiatan tanggung jawab sosial sebagai alternative akselerator pembangunan, serta mengefektifkan berbagai kegiatan tanggung jawab sosial dalam satu kerangka program pembangunan, sinergi antara Rencana Pembangunan Pemerintah, semangat tanggung jawab sosial perusahaan dan kebutuhan masyarakat.

Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein dalam sambutannya menyampaikan CSR adalah komitmen yang berkesinambungan dari kalangan bisnis, untuk berprilaku secara etis dam memberi kontribusi bagi perkembangan ekonomi, seraya meningkatkan kualitas kehidupan dari karyawan dan keluarganya, serta komunitas local dan masyarakat luas pada umumnya.

Untuk itu ditambahkan Bupati setidaknya ada enam kecenderungan utama yang semakin menegaskan arti penting CSR, yaitu menurunkan tingkat kesenjangan antara kaya dan miskin, merendahkan posisi Negara yang semakin berjarak pada rakyatnya, makin mengemukanya arti kesinambungan, makin gencarnya sorotan kritis dan resistensi dari public, bahkan yang bersifat anti perusahaan, menguatnya kecenderungan kea rah transparansi, dan klimaks harapan-harapan bagi terwujudnya kehidupan yang lebih baik dan manusiawi pada era milineum baru.

Diharapkan melalui kegiatan ini selaku pimpinan BUMN-BMUD dan swasta dapat merealisasikan konsep CSR ini dalam tindakan nyata yang berkesesuaian dengan visi dan misi Kabupaten Belitung, karakteristik dan zona pembangunan per wilayah kecamatan serta sektor prioritas.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung