Jum'at, 16 Maret 2012 10:44

BATU MENTAS DESTINASI WISATA BARU

Badau - Wakil Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos melaunching Pusat Penangkaran (Sanctuary) Tarsius Bancanus Saltator yang berlokasi di kawasan wisata alam Batu Mentas, Desa Kelekak Datuk, Kecamatan Badau, Rabu, 14 Maret 2012. Launching ditandai dengan dengan pemotongan tumpeng oleh Sahani Saleh dan Wakapolda Kepulauan Babel Kombes Pol A Syukrani serta makan bedulang.

Harian Pos Belitung Edisi Kamis 15 Maret 2012 menyebutkan pusat penangkaran tarsius yakni binatang langka khas Belitung ini diharapkan menjadi destinasi wisata batu di Belitung dengan konsep ekowisata. Fasilitas ini dikelola Kelompok Peduli Lingkungan Hidup (KPLB) dan didukung Global Enviroment Facility (GEF) Indonesia dan United Nation Enviroment Programme (UNEP).

Dalam paparannya Ketua KPLB, Budi Setiawan mengatakan penangkaran ini merupakan upaya untuk melestarikan tarsius yang masuk dalam golongan binatang langka yang dilindungi. Selain itu dengan adanya penangkaran ini menghindarkan hutan lindung dari penebangan liar (ilegal logging), penambangan liar dan memberdayakan masyarakat sekitar untuk mendapatkan keuntungan di bidang ekonomi dan sosial.

Kecamatan Badau menurut Budi juga memiliki potensi wisata yang lengkap. Badau, pengrajin parang, kesenian beripat, serta alamnya yang menarik. Ini bila disatukan bisa menjadi destinasi wisata yang lengkap. Dari semua potensi wisata tersebut, wisata alam Batu Mentas ini menjadi titik sentralnya. Sementara potensi wisata lainnya dapat melengkapi destinasi wisata ini.

Sementara itu H. Sahani Saleh, S.Sos dalam sambutannya mengatakan Pulau Belitung merupakan miniatur Indonesia. Hal ini dilihat dari beragamnya suku, agama hingga berbagai jenis flora dan fauna ada di Belitung. Ini menjadi kekuatan Belitung dalam mengembangkan pariwisata.

Menurut Sahani Saleh, selain flora dan fauna serta keindahan alamnya, di Belitung juga ada tempat-tempat yang dikeramatkan seperti Batu Baginda dan Batu Mana. Ini merupakan aset bagi wisata Belitung tidak hanya menawarkan wisata bahari saja, namun banyak wisata yang mesti dikembangkan.

Turut hadir dalam launching ini Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, H. Abdul Fatah, Kapolres Belitung AKBP Dian Harianto, Danlanud Tanjungpandan Letkol Nav Triswan Larosa, Komandan Kodim 0414 Belitung Letkol Inf Boemi Aryo Bimo, Unsur Muspika Badau, Kepala Desa Kelekak datuk, Masyarakat dan undangan lainnya.


Sumber: Humas Setda Kabupaten Belitung