Selasa, 8 Mei 2012 10:21

SEKDA RESMIKAN POSPEDA KABUPATEN BELITUNG

Tanjungpandan__Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pasantren (Pospeda) Kabupaten Belitung Tahun 2012 resmi dibuka oleh Sekda Belitung Drs H Abdul Fatah, M.Si yang dalam kesempatan ini mewakili Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein.

”Keseimbangan antara kesehatan mental spritual dan rohani adalah kunci utama dalam mewujudkan sumber daya manusia yang handal di masa depan. Event ini adalah momentum bagi bangkitnya geliat pembinaan atlet di Belitung sekaligus upaya nyata Pemerintah  untuk menyehatkan masyarakat terpelajar melalui olahraga, sekaligus ditujukan untuk mencari kreator-kreator seni yang unggul dan mampu berinovasi sesuai tuntutan perkembangan zaman”, kata Sekda dalam sambutannya.

Diakhir sambutannya Sekda juga menghimbau kepada seluruh peserta untuk dapat mengembangkan semangat sportifitas dan kreasi seni pada setiap kompetisi, termasuk dalam mengikuti Pospeda ini. Dan kepada para wasit/dewan juri perlombaan diharapkan untuk dapat memberikan penilaian seobyektif mungkin.

Sementara Ketua panitia pelaksana Pospeda Robert Harison, S.Sos, M.Si mengatakan, pelaksanaan Pospeda ditujukan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak santri dalam bidang olahraga dan seni, meningkatkan motivasi, minat, bakat dan kecintaan santri terhadap olahraga dan seni yang digemarinya, serta sebagai titik kulminasi dan tolak ukur terhadap pembinaan olahraga dan seni pasantren di Kabupaten Belitung.

Pospeda akan berlangsung selama 3 (tiga) hari, mulai tanggal 7 s.d 9 Mei 2012 dengan diikuti sebanyak 125 atlet, 24 pelatih, dan 13 official. Para atlet  merupakan santri yang sebagai pelajar Pondok Pasantren dari 6 pasantren se-Kabupaten Belitung, diantaranya Pondok Pasantren At-Taqwa, Darul Arofah, Akhmad Dahlan, Baitus salaam, Fathur rahman, dan Madinah El Wihdah dengan mempertandingkan sebanyak 4 (empat) cabang olahraga dan 2 (dua) cabang seni, yaitu  untuk cabang olahraga atletik, tenis meja, bulu tangkis dan catur. Untuk cabang seni terdiri dari kaligrafi dan pidato 3 bahasa.

Turut hadir dalam acara Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Belitung Mirang Uganda, SH, Kadin Pendidikan Kabupaten Belitung Drs Rafeli, Perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, serta segenap undangan lainnya.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung