Rabu, 6 Juni 2012 03:59

DESA BATU ITAM DAN KELURAHAN PARIT TANJUNGPANDAN JADI WAKIL KABUPATEN BELITUNG

Tanjungpandan__Desa Batu Itam, Kecamatan Sijuk dan Kelurahan Parit Tanjungpandan terpilih mewakili Kabupaten Belitung dalam penyelenggaraan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Pada Kegiatan Evaluasi Perkembangan Desa/ Kelurahan Tahun 2012 yang berlangsung Selasa (5/6) dengan mengusung tema ”Dengan Lomba Kelurahan, Kita Jadikan Tolak Ukur Kinerja Kelurahan Dalam Memberikan Pelayanan Pada Masyarakat di Kelurahan Parit, Kecamatan Tanjungpandan”.

Kegiatan evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan merupakan salah satu kegiatan untuk menilai keberhasilan pembangunan Desa dan Kelurahan. Penyelenggaraan perlombaan Desa dan Kelurahan telah diatur dalam peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor  13  Tahun 2007 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perlombaan Desa dan Kelurahan, dimana penilaian ini dilakukan dengan membandingkan data Perkembangan Desa dan Kelurahan pada 2 (dua) tahun terakhir berdasarkan data profil Desa dan Kelurahan dan juga sesuai dengan indikator penilaian yang ada.

Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein dalam sambutannya pada Acara Lomba Desa dan Kelurahan yang berlangsung di Kantor Kelurahan Parit Tanjungpandan, mengatakan, adapun indikator penilaian perlombaan Desa dan Kelurahan tingkat Kabupaten dan Propinsi meliputi, Pendidikan, Kesehatan Masyarakat, Ekonomi Masyarakat, Keamanan dan Ketertiban, Partisipasi Masyarakat, Pemerintahan, Lembaga Kemasyarakatan serta Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga.

Disamping 8 indikator penilaian tersebut, terdapat juga beberapa faktor lainnya yang juga merupakan aspek penilaian dalam perlombaan Desa dan Kelurahan yaitu:
1. Keberhasilan pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat Desa/Kelurahan;
2. Inisiatif dan kreatifitas Daerah dalam Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintaha Desa dan Kelurahan;
3. Tingkat kepatuhan terhadap kebijakan penyelenggaraan pemerintahan;
4. Kinerja Camat, Kepala Desa dan Lurah beserta perangkatnya dalam pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan Desa dan Kelurahan.

”Saya sangat berharap agar penilaian Lomba Kelurahan Tingkat Propinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2012 ini dapat berjalan dengan lancar dan dilaksanakan secara objektif sesuai dengan acuan yang ada. Saya ucapkan selamat melaksanakan penilaian kepada Tim Penilai, semoga Kelurahan Parit, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung dapat menjadi kelurahan terbaik pertama tingkat Propinsi Kepulauan Bangka Belitung”, harap Darmansyah diakhir sambutannya.

Turut hadir dalam acara, Wakil Bupati Belitung H Sahani Saleh, S,Sos, Perwakilan DPRD Kabupaten Belitung, Perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Belitung, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa, Perempuan dan KB Suharyanto, S.Ap, Lurah Parit Sugeng, Ketua Tim Penilai Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Propinsi Kepulauan Bangka Belitung Agoeng Eko W dan rombongan, segenap Jajaran di Lingkungan Pemkab Belitung, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Belitung, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Belitung, Hj. Asmara serta undangan lainnya.

Sebelumnya kegiatan serupa juga telah dilaksanakan di Desa Batu Itam, sekitar pukul 09.00 WIB. Kedatangan rombongan Tim Penilai ke Desa Batu Itam disambut hangat masyarakat sekitar dengan ritual adat berebut lawang dan berbalas pantun. Tak ketinggalan berbagai pentas seni daerah juga ditampilkan dalam acara. Diakhir acara Bupati dan Rombongan juga menyempatkan diri untuk melihat-lihat barang-barang hasil kreasi masyarakat yang dipamerkan diareal acara, diantaranya guci keramik, terindak, anyaman dan kreasi menarik lainnya.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung