Jum'at, 15 Juni 2012 03:12

DI BALIK PAMERAN UNGGULAN DAN KHAS DAERAH 2012

“BELITUNG RAIH PREDIKAT KETIGA”

Keindahan  Indonesia patut kita banggakan dan cintai. Pesonanya sungguh indah dan mempesona. Beberapa lokasi bahkan menyimpan keanekaragaman hayati yang terbaik di seluruh dunia. Salah satu lokasi tersebut adalah Kabupaten Belitung dengan kekayaan pantai berpasir putih, batu granit yang eksotik serta beragam pesona aspek pariwisata yang benar-benar luar biasa, indah tiada tara sehingga julukan Negeri Laskar Pelangi bukan sekedar isapan jempol semata. Berbagai pilihan wisata dapat dinikmati di Belitung seperti wisata bahari, wisata alam, wisata sejarah, wisata religi, agro wisata, dan wisata kuliner. Kunjungan wisatawan ke Belitung semakin komplit ketika beberapa tempat souvenir menawarkan cinderamata khas daerah.

Satam, yang sekarang menjadi ikon Kabupaten Belitung mulai dikenal publik sebagai cinderamata bermutu dan langka. Pecahan batu meteorit berwarna hitam mengkilap dengan lekuk ukiran unik nan orosinil sangat menarik perhatian setiap mata memandang sehingga berhasrat untuk segera memilikinya. Belitung yang dikelilingi laut dengan segenap potensi sumber daya alam juga memberikan nilai tambah lebih dan berlimpah untuk diolah menjadi sumber pangan bergizi tinggi. Terasi (belacan), rusip, kerupuk aneka seafood, sambal lingkong (abon ikan), ebi dan beragam produk perikanan kelautan olahan lainnya menjadi oleh-oleh yang paling banyak diminati wisatawan. Lalu, kunjungan ke Belitung semakin lengkap ketika produk kerajinan kerang-kerangan yang sangat beragam serta lucu asli kreatif dapat dibeli wisatawan dengan harga terjangkau.

Tiga sektor unggulan yang kini giat dikembangkan Belitung bertumpu pada sektor Perikanan dan Kelautan, Pariwisata serta Perhubungan (Kepelabuhan) dengan Tanjung Batu yang terus diperjuangkan Pemerintah Daerah sebagai Kawasan Ekonomi Khusus. Segenap potensi daerah inilah yang diramu dan direpresentasikan oleh Bagian Humas Pemkab Belitung untuk ikut serta dalam ajang Pameran Produk Unggulan dan Khas Daerah 2012 di Cihampelas  Walk (Ciwalk)-Bandung, Tanggal 8 hingga 11 Juni 2012. Kawasan Ciwalk merupakan kawasan yang sangat padat dikunjungi oleh masyarakat, baik dari Bandung dan sekitarnya maupun dari Jabodetabek.

Keikutsertaan Belitung dalam event ini dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan jaringan pemasaran produk-produk UMKM unggulan dan khas daerah. Untuk itu, diperlukan promosi yang berkesinambungan dan bersifat nasional maupun internasional agar pada akhirnya nanti produk-produk Belitung memiliki daya saing yang tinggi di tengah ramainya kompetitor dan membanjirnya produk impor di pasaran dalam negeri.

Pada event pameran bertema “Menjadikan Produk Unggulan dan khas Daerah Berdaya Saing Tinggi”, ini Belitung dinobatkan sebagai penyandang predikat stand terbaik ketiga setelah disisihkan oleh Yogyakarta dan Kudus, masing-masing pada tempat pertama dan kedua. Peserta pameran terdiri dari institusi pemerintah Pusat dan Daerah, Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota di Indonesia,  Mitra Binaan BUMN/BUMD, dan lain-lain.

Menanggapi keberhasilan ini, Sekda Kabupaten Belitung Drs. H.Abdul Fatah, M.Si menyampaikan selamat kepada seluruh rombongan tim Pameran Humas Pemkab Belitung di Bandung. Menurutnya, bahwa sebagai daerah yang baru muncul di khasanah pariwisata dan UMKM, hal ini merupakan prestasi yang sangat bagus dan harus ditingkatkan di masa mendatang pada semua sisi.

Perhatian Pemerintah Kabupaten Belitung untuk memperkenalkan produk unggulan dan khas daerah Belitung sangat tinggi. Untuk itu, di hari akhir pameran, tepatnya Senin, 11 Juni 2011, Bupati Belitung Ir.H.Darmansyah Husein di sela kesibukannya menyempatkan diri melakukan kunjungan sekaligus evaluasi langsung ke lokasi pameran.

Tidak hanya meninjau stand Belitung untuk memberikan catatan evaluatif ataupun apresiasi, Bupati Belitung juga mengunjungi sekaligus berdiskusi dengan para pengrajin yang ikut serta dalam pameran. Seluruh stand menjadi fokus perhatian Bupati Belitung dan juga wahana studi banding guna mengembangkan kerajinan Belitung yaitu pada sisi mana yang harus dikembangkan, ditingkatkan mutunya ataupun menciptakan sesuatu yang baru.
 “Saya sangat senang dengan presentasi stand Belitung kali ini apalagi jumlah kunjungan yang tertera di buku tamu cukup signifikan bahkan sangat besar ketimbang kapasitas ruang stand yang disewa. Ke depan, kita harus meningkatkan strategi marketingnya”, ungkap Darmansyah di akhir kunjungan.*** (Humas).

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung