Rabu, 27 Juni 2012 09:43

ABDUL FATAH HADIRI ACARA PENGAMBILAN SUMPAH DAN PELANTIKAN KEPALA SEKOLAH

TANJUNGPANDAN— Acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Kepala Sekolah Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar Negeri di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung diselenggarakan hari ini, Rabu, 27 Juni 2012 bertempat di Gedung Serba Guna Tanjungpandan.

Bupati Belitung, Ir. H. Darmansyah Husein yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, Drs. Abdul Fatah, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa baik buruknya dan maju mundurnya sekolah sangat dipengaruhi oleh peran serta Kepala Sekolah. Penelitian dan pengamatan langsung menunjukkan bahwa hampir 70% kualitas pembelajaran di sekolah ditentukan oleh peran aktif Kepala Sekolah sebagai pimpinan sebuah lembaga.

Untuk memotivasi prestasi kepala sekolah, pemerintah menetapkan sejumlah kompetensi bagi Kepala Sekolah, antara lain:
1. Kompetensi kepribadian, yang menuntut agar setiap Kepala Sekolah memiliki ahlak mulia, dapat menjadi suri tauladan serta memiliki integritas kepribadian sebagai pemimpin yang baik.
2. Kompetensi manajerial, agar setiap Kepala Sekolah mampu menyusun rencana, mengelola, melakukan monitoring, dan evaluasi prosedur yang tepat.
3. Kompetensi kewirausahaan, bahwa seorang Kepala Sekolah harus mampu menciptakan inovasi, motivasi, bekerja keras, pantang menyerah, dan memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola sekolah sebagai pusat dan sumber belajar peserta didik.
4. Kompetensi supervisi, yaitu seorang Kepala Sekolah harus mampu merencanakan, melaksanakan, dan menindaklanjuti hasil supervisi terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme.
5. Kompetensi sosial, maksudnya bahwa Kepala Sekolah harus dapat bekerjasama, berpartisipasi, dan memiliki kepekaan sosial terhadap lingkungan sekitar.

Sebagai bukti, tahun ini capaian prestasi siswa di Belitung meningkat signifikan yang terindikasi dari prosentase kelulusan yang  mencapai 100%, bahkan banyak siswa kita yang memperoleh nilai 10. Prestasi ini adalah buah dari kerja keras dan komitmen kita semua yang terintegrasi dengan baik.

Abdul Fatah Berharap pada tahun-tahun mendatang kiranya prestasi ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan lagi kualitasnya.


Sumber: Humas Setda Kab. Belitung