Jum'at, 6 Juli 2012 23:09

Lanud Tanjungpandan Gelar Babel Air Show 2012

BUPATI Belitung H Darmansyah Husein berterima kasih kepada jajaran TNI AU khususnya Lanud Tanjungpandan yang telah menyelenggarakan Babel Air Show tahun 2012. Bupati menilai pelaksanaan Babel Air Show kali ini  cukup sukses jika koordinasi yang dijalankan lebih baik.

“Menyambut baik upaya seperti itu. Walaupun ini yang pertama. Namun masih perlu koordinasi lebih baiklah. Terutama pesan-pesan yang tidak tersampaikan kepada masyarakat, balehonya lain pelaksanaannya lain. Artinya komunikasi intensif lebih baik,” kata H Darmansyah Husein.

Darmansyah mengatakan, dengan even ini, Belitung semakin dikenal. Apalagi, atraksi The Jupiters yang menampilkan aerobaticnya di udara sangat memukau masyarakat Belitung. “Kita berterima kasih kepada TNI AU. Kita ingat banyak kemajuan dilingkungan TNI AU terutama SDMnya. Kemarin saya dengar saat mereka tampil di Thailand cukup mendapat sambutan yang luar biasa aerobaticnya. Kita sebagai anak negeri patut memberikan apresiasi,” ujar Darmansyah.

Menurutnya,  secara keseluruhan pelaksanaan Babel Air Show sudah baik. Kehadiran pesawat-pesawat seperti Hercules, Helikopter Super Puma, fly pass pesawat tempur Hawk 100/200 dan KT Wong Bee mampu menyuguhkan atraksi  yang tidak biasa bagi masyarakat Belitung. Ditambah lagi pelaksanaan fire power demo di AWR Buding menjadikan rangkaian Babel Air Show semakin menarik.

“Ragam kegiatannya masih kurang, mestinya lebih variatif lagi. Kalau masalah koordinasi, sepenuhnya bisa langsung ke pemda. Kalau kita (pemda-red) yang atur semuanya bisa perfect (sempurna-red). Seperti beberapa kegiatan yang telah kita laksanakan, sukses kan,” sebut Darmansyah.

Darmansyah menyarankan, kedepan pelaksanaan even-even serupa lebih mengutamakan koordinasinya. Jangan sampai semuanya terkesan berbeda-beda. “Kan ada HJKT tapi air shownya disana. Mestinya dikemas menjadi satu jadi lebih meriah,” ujar Darmansyah.

Kue HJKT
Dalam memeriahkan pelaksanaan Hari Jadi Kota Tanjungpandan (HJKT) ke 174 salah satu agenda acara yang dinanti-nanti adalah aksi terjun payung. Ternyata hingga detik-detik peringatan HJKT,  Sabtu (30/6) dibatalkan karena cuaca yang tidak mendukung.
“Kita memahami itu, karena terlalu beresiko,” ujar Darmansyah.

Kendati ribuan masyarakat yang memadati Boulevard Simpang Lima Tanjungpandan (BSLT) kecewa, Darmansyah tetap tersenyum bersama unsur muspida Belitung dan melanjutkan kemeriahan HJKT dengan kue ulang tahun dan pesta kembang api.  (adv/I6)


Masyarakat Terhibur
PELAKSANAAN Babel  Air Show 2012 mendapat beragam pujian namun juga kekecewaan masyarakat Belitung. Walau demikian apa yang telah dilakukan Komandan Pangkalan TBI AU (Danlanud) Tanjungpandan Letkol Nav Triswan Larosa bersama jajarannya patut mendapatkan apresiasi yang tinggi.
    
Rangkaian acara Babel Air Show dimulai dengan fly pass pesawat tempur Hawk 100/200 TNI AU yang merupakan menjadi pembuka Babel Air Show 2012 d Belitung. Acara dilanjutkan dengan kehadiran dua pesawat transport TNI AU Hercules yang membawa kru dan peralatan The Jupiters atau Jupiter Aerobatic Team (JAT). Sebelum melakukan aksinya, The Jupiters sempat atraksi di Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan, Senin (2/7) siang.
 
Sesuai rencana, JAT akan beraksi pada Selasa (3/7) sore di bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan namun tertunda, hingga Rabu (4/7). Selasa (3/7), masyarakat dihibur dengan dua kegiatan sekaligus. Pertama aksi terjun payung dari Batalyon 461 Paskhas TNI AU Halim Perdana Kusuma yang mendarat di Kawasan Wisata Pantai Tanjungpendam dan fire power demo di AWR Buding yang juga disertai aksi terjun payung puluhan penerjun TNI AU.

Kemeriahan acara Babel Air Show ditutup dengan atraksi memukau The Jupiters pada hari Rabu (4/7) pagi dan sore di Kawasan Wisata Pantai Tanjungpendam. Dibawah pimpinan Letkol Pnb Dedy Susanto, The Jupiters sukses membuat ribuan masyarakat Belitung terkesima dengan 18 formasi udara.  (adv/i6)


Sumber: Pos Belitung