Jum'at, 6 Juli 2012 23:07

Bupati dan Staf DKPP Bersih-bersih Kuburan

BUPATI Belitung Ir H Darmansyah Husein turun langsung membersihkan sampah-sampah serta menebas  ilalang dan rerumputan yang mulai tinggi di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Satya Mulya, Kamis (5/7) pagi. Bersama seluruh staf Dinas Kebersihan Pasar dan Pertamanan (DKPP) Kabupaten Belitung, dua lokasi pemakaman Satya Mulya bersih dari rumput dan sampah.

Diungkapkan Darmansyah, menjaga dan merawat makam adalah yang wajib dilakukan. Apalagi, pada momen menyambut Bulan Ramadhan ini. Hal ini menjadi penting untuk menjaga silaturahmi kepada semuanya. “Jadi tidak hanya dengan yang masih hidup, dengan yang ada dibawah sini (makam-red) patut kita jaga,” kata H Darmansyah Husein, Kamis (5/7).

Menjaga dan merawat kebersihan makam menurut Darmansyah cukup penting. Bukan masalah siapa yang membersihkan, namun untuk kebersihan makam itu menjadi kewajiban semua orang yang masih hidup. “Kita mesti perhatikan pemakaman. Sebagai manusia yang beragama,” ujar Darmansyah.  Ia berharap melalui kegiatan bersih-bersih ini, masyarakat Belitung lebih menyadari pentingnya kebersihan. “Kalau semuanya sudah cinta bersih, maka semuanya akan lebih baik,” harap Darmansyah.

Selain memperhatikan pemakaman, Darmansyah juga sempat bercengkerama dengan petugas kebersihan yang membersihkan sampah-sampah di pemakaman. Kehadiran orang nomor satu di Kabupaten Belitung  ini memberikan semangat kepada petugas kebersihan. “Mereka lebih antusias,” kata Kepala DKPP Kabupaten Belitung Azhar.

Pelaksanaan kebersihan di pemakaman lanjut Azhar sudah menjadi agenda rutin DKPP Kabupaten Belitung yang dilakukan secara berkala. “Tidak hanya hari ini. Memang semuanya sudah terjadwal,” ujar Azhar. Menurut Azhar, membersihkan makam hanyalah satu dari sekian banyak lokasi yang menjadi prioritas dinas untuk kebersihannya. “Kan sering kita. Kadang di Sungai Siburik, disini, di pasar, di TPA dan di beberapa tempat lainnya,” ujar Azhar.  (i6)
Sumber: Pos Belitung