Senin, 9 Juli 2012 10:50

Belitung Expo 2012 Ditutup

Omset Penjualan Capai Rp 500 Juta

BELITUNG Expo 2012 yang digelar di kawasan  Pantai wisata Tanjungpendam sejak 30 Juni lalu, akhirnya secara resmi ditutup oleh Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein, Jumat (6/7) malam. Expo yang digelar oleh PT Aaliyah Citra Prima ini telah berhasil menyedot sekitar 30.000 pengunjung selama tujuh hari. Bahkan expo yang diikuti 54 stand ini berhasil meraih omset penjualan ratusan juta rupiah.

“Jumlah pengunjung selama pelaksanaan Belitung Expo 2012 diperkirakan 30 ribu orang, dengan rata-rata kunjungan per hari mencapai 4.000 orang. Sedangkan omset penjualan atau transaksi berdasarkan pemantauan selama pelaksanaan mencapai Rp 500 juta-an,” kata panitia Belitung Expo 2012 yang juga Kepala Dinas Perindagkop PM Kabupaten Belitung, MZ Hendra Caya dalam laporannya dalam penutupan Belitung Expo 2012.

Hendra bersyukur Belitung Expo 2012 yang dikaitkan dengan Hari Jadi Kota Tanjungpandan (HJKT) ke-174 ini terlaksana dengan baik dan lancar, meskipun dirasakan masih banyak kekurangannya seperti lamanya expo yang masih dirasa kurang.

Berdasarkan kondisi di lapangan dan animo masyarakat, dimungkinkan pada tahun mendatang pelaksanaan pameran atau expo yang melibatkan peserta dari luar daerah Belitung hanya dilaksanakan empat hari saja. Namun untuk memeriahkan dan memberikan hiburan kepada masyarakat serta menyemarakkan HJKT, maka bisa dilaksanakan kegiatan pasar rakyat/pasar malam sampai dua minggu.

Hendra mengatakan, tahun ini PT Aaliyah Citra Prima hanya memiliki waktu kurang lebih dua bulan dalam menyebarkan Belitung Expo. Untuk tahun depan diharapkan brosur bisa diedarkan lebih awal sehingga peserta dari luar Belitung makin banyak, dibanding tahun ini yang berjumlah 19 stand.

Pada Belitung Expo 2012 ini, pihak penyelenggara bekerjasama dengan sponsor PT Timah Tbk telah memberikan hiburan rakyat dengan menampilkan Irma KDI, The Jango Rockstar dan Reggae Show pada 2-4 Juli lalu.

Dalam laporannya Hendra juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas partisipasi seluruh kalangan yang telah mensukseskan Belitung Expo 2012.

Sementara itu Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein dalam sambutannya mengemukakan, ia melihat tanda-tanda bahwa ke depan Belitung Expo bisa dijadikan event tahunan, baik dikaitkan dengan HJKT maupun HUT RI.

Darmansyah juga berharap agar dinas-dinas bisa menjadi peserta dan nanti di APBD tahun 2013 agar menyiapkan anggarannya, serta mengundang peserta dari luar Belitung lebih banyak.

Dia melihat angka omset penjualan selama expo yang mencapai Rp 500 juta sudah lumayan. Oleh sebab itu, kata bupati, produk hasil kreativitas dalam satu tahun ini bisa ditampilkan pada expo mendatang. Dengan demikian akan banyak orang yang bisa mengetahui bahwa di Belitung, orang-orang Belitung yang kreatif bisa memproduksi barang-barang yang berestetika, bercita rasa tinggi, dan pengolahan yang halus. Dan mereka bisa muncul ke permukaan jika sering ditampilkan.

“Mudah-mudahan expo ini memberikan dampak positif bagi ekonomi kerakyatan masyarakat Belitung, dan memberikan hiburan bagi masyarakat,” harap Darmansyah.

Penutupan Belitung Expo dihadiri oleh Sekda Kabupaten Belitung Abdul Fatah, Asisten I Setda Kabupaten Belitung B Maiya Hasibuan, Managing Director PT Aaliyah Citra Prima Deru Samudra Risa, kepala dinas, camat, serta peserta dan pengunjung expo.

Pada penutupan ini juga ditampilkan juara pertama story telling dan story tingkat  SD Kabupaten Belitung, Alza Okto Miora yang membawakan cerita berjudul Raja Berekor. Sementara itu perwakilan peserta expo, yakni Usni Mariosha dari UKM Pangkallalang dan Marsidi (Sijuk) menyerahkan cinderamata kepada Bupati dan Sekda.  (adv/vid)
Sumber: Pos Belitung