Selasa, 17 Juli 2012 10:43

BPMPDPKB Bina Pemerintahan Desa dan Kelurahan

Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPDPKB) Kabupaten Belitung melaksanakan pembinaan terhadap Pemerintahan Desa dan Kelurahan di Kabupaten Belitung.

Pembinaan berlangsung hari ini, Selasa (17/7/2012), di Hotel Pondok Impian Tanjungpandan, dibuka oleh Bupati Belitung yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Belitung B Maiya Hasibuan, SH. Pembinaan diikuti 155 peserta, terdiri dari 125 orang Kepala Dusun (Kadus) dan 30 orang Kepala Lingkungan (Kaling) se-Kabupaten Belitung.

Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa dan Kelurahan BPMPDPKB Kabupaten Belitung Wigman W. Setiawan, SH, M.Si selaku panitia pelaksana pembinaan mengatakan, pembinaan ini merupakan pelaksanaan amanat Pasal 98 ayat (2) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 72 Tahun 2005 tentang Desa, yang menyatakan Pemerintah Kabupaten/Kota dan Camat wajib membina dan mengawasi penyelenggaraan Pemerintahan Desa dan Lembaga Kemasyarakatan.

Ruang lingkup pembiaan meliputi Kebijakan Pembangunan Desa; Kebijakan Pemerintah Kabupaten Belitung Terhadap Perangkat Desa dan Lembaga Kemasyarakatan; Peran Masyarakat Dalam Perencanaan Pembangunan; Wawasan Kebangsaan; Sosialisasi Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang KDRT dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak; Gerakan KB Nasional; Pemberdayaan Masyarakat; dan Kedudukan, Tugas dan Fungsi Kadus dan Kaling.

Materi pembinaan antara lain disampaikan oleh Kepala BPMPDPKB Kabupaten Belitung Suharyanto, S.AP; Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Belitung Drs Suksesyadi, M.Si; Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol Linmas) Kabupaten Belitung Drs Sunardi, M.AP; dan staf Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Belitung Yusarriady Oksaviri, S.Si. (syf)
Sumber: BPMPDPKB Kabupaten Belitung