Kamis, 19 Juli 2012 13:00

Panen Rumput Laut di Dudat

Sahani: Lassar Jadi Pilot Project

PEMERINTAH Kabupaten Belitung sekarang ini mengutamakan pengembangan sektor kelautan. Oleh sebab itu Pemkab Belitung sangat mendukung program budidaya rumput laut di Desa Lassar Kecamatan Membalong.

Hal tersebut dikemukakan Wakil Bupati Belitung H Sahani Saleh dalam acara panen rumput laut di Dusun Dudat Desa Lassar Kecamatan Membalong, Senin (16/7/2012). Wabup berharap Desa Lassar nantinya akan menjadi pusat pengembangan rumput laut dan menjadi ikon sentra pengembangan kelautan Kabupaten Belitung. Wabup juga berharap Desa Lassar menjadi pilot project.

“Saya berharap Desa Lassar menjadi pilot project pengembangan program kelautan, yang dimulai dengan budidya rumput laut ini. Bersinergi dengan sektor lain yaitu pariwisata dan perindag,” kata Sahani Saleh.

Rumput laut di Dusun Dudat ini merupakan bagian program penanaman rumput laut dari Kementerian Kelautan Perikanan. Di Dusun Dudat terdapat tiga kelompok yang menerima bantuan. Selain Dusun Dudat, penerima bantuan program penanaman rumput laut lainnya di Desa Lassar ini yakni Dusun Batumana. Di Dusun Batumana ini terdapat satu kelompok.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Belitung Toni HA Batubara mengemukakan Pemprov Babel menargetkan satu juta ton rumput laut sampai tahun 2014. Sedangkan Kabupaten Belitung ditargetkan 350 ribu ton hingga 2014.

Menurut Toni total yang akan dipanen jika lancar sekitar 600 ton rumput laut basah di akhir tahun. “Saya berharap rumput laut di Desa Lassar terus berproduksi, sehingga target tahun 2014 sejumlah 350 ribu ton bisa tercapai,” harap Toni.

Program bantuan untuk budidaya rumput laut dari Kementerian Kelautan Perikanan di Kabupaten Belitung terdapat 12 kelompok, yang tersebar di Desa Lassar (Membalong), Desa Pegantungan (Badau) dan Desa Sungai Padang (Sijuk).

Kepala DKP Provinsi Babel Sugianto dalam sambutannya mengatakan, ia merasa bangga pada Dusun Dudat yang sudah melaksanakan program ‘Ayo Tanam Rumput Laut’, yang dicanangkan saat Sail Wakatobi Belitong tahun 2011 lalu.

Pemprov Babel kata Sugianto, perlu terus memberikan dukungan kepada masyarakat karena rumput laut bisa diproduksi masyarakat jika harganya stabil. Sugianto berharap tiga kelompok petani di Dusun Dudat yang sedang panen ini nanti berputar terus sehingga bisa menjadi 24 kelompok.

“Panen ini sangat sukses. Ternyata dari segi kualitas,  yang kita panen tadi dalam satu ikat (simpul) bisa tiga sampai lim kilogram. Jadi luar biasa,” kata Sugianto.

Kades Lassar Triska Arafad mengemukakan, program budidaya rumput laut di Desa Lassar ini sudah berjalan satu tahun secara berkala. Luasnya sekitar dua hektar. Satu kelompok memiliki 500 tali.

Triska mengatakan, para petani berharap ada investor yang bisa membeli rumput laut mereka. Dengan demikian program ini akan terus berlanjut.
“Hasilnya Alhamdulillah lewat DKP, Desa Seliu dan Desa Sungai Padang sudah pesan,” kata Triska kepada harian ini di sela acara panen.

Panen rumput laut dilakukan secara simbolis oleh Wakil Bupati Belitung H Sahani Saleh dan Ketua DPRD Kabupaten Belitung Andi Saparudin Lanna di perairan laut Dudat. Kedua pejabat ini berenang dan memotong rumput laut untuk bibit, secara simbolis langsung di perairan laut Dudat. Untuk memanen rumput laut ini harus menempuh perjalanan laut menggunakan perahu motor sekitar 30 menit.

Hadir pula Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Babel Sugianto, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Belitung Toni HA Batubara, Camat Membalong Lukman Hakim, Kades Lassar Triska Arafad dan sejumlah warga Desa Lassar. (Adv/vid)
Sumber: Pos Belitung