Jum'at, 24 Agustus 2012 00:51

DARI LEBARAN HINGGA APEL PAGI

   (Tanjungpandan). Minggu, 19 Agustus 2012, minggu lalu seluruh umat muslim di dunia merayakan hari kemenangan Idul Fitri 1433 H setelah satu bulan lamanya menjalankan ibadah shaum Ramadhan. Berbagai persiapan dilakukan untuk menyambut hari nan suci. Sukacita menyambut lebaran terasa puncaknya ketika takbir dan tasmid dikumandangkan dengan iring-iringan pawai takbiran keliling Kota. Keesokan harinya, mesjid-mesjid dan tanah lapang dipenuhi muslimin dan muslimat guna menunaikan Sholat Ied. Suasana ini kiranya menjadi pemandangan teramat berarti dan hanya terjadi saat Idul Ied maupun Idul Adha.
  
   Liburan panjang dan cuti bersama dimanfaatkan untuk mudik lebaran, mengunjungi sanak family dan handai taulan serta mengeratkan tali silaturahim. Suasana sukacita dan haru mulai terasa ketika momen saling bermaafan dilakukan. Yang muda meminta maaf kepada yang tua sebagai wujud cinta kasih dan bentuk penghormatan. Sedih dan haru menyelimuti hati sanubari karena kita tidak pernah tahu, kapan Sang Khalik menjemput kita dan satu pertanyaan bersar tergambar di benak sekaligus juga doa dan harapan agar kiranya tahun depan, kebahagiaan di Idul Fitri dengan Ramadhan sebelumnya dapat kita jumpai lagi. Rangkaian doa dipanjatkan dan kedua tangan dirapatkan ketika bersilaturahim semoga Allah SWT memberikan umur panjang, kesehatan, rezeki dan keselamatan lahir bathin.

   H plus 5 Idul Fitri, para pemudik dari dan ke Belitung mulai memadati bandara-bandara dan terminal penumpang kapal laut. Namun, semangat serta euforia lebaran belumlah usai. Para pegawai mulai masuk kantor, baik swasta maupun PNS. Khusus, di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, Wakil Bupati Belitung Sahani Saleh, S.Sos memimpin Apel Pagi sekaligus memberikan pengarahan singkat kepada para Pegawai di Halaman Kantor Bupati Belitung, kemudian dilanjutkan dengan salam-salaman, saling memaafkan. Dilanjutkan setelah itu, Sahani Saleh didampingi Sekda Drs. Abdul Fatah, M.Si  dan Kepala BKD Belitung Dra, Ita Wahyuni serta Kabag Humas Rusdin, S.Ikom melakukan inspeksi ke Dinas/Kantor di Lingkungan Pemerintah Kabupaten guna melakukan kontrol disipliner sekaligus evaluasi dan pembinaan aparatur birokrasi.

   Inspeksi seperti ini rutin dilakukan sebagai wujud nyata komitmen Pemerintah Kabupaten Belitung dalam menegakkan kerangka landasan yang kokoh bagi terciptanya kepemerintahan yang baik melalui  SDM yang disiplin, berintegritas, dan profesional. Selain itu, berbagai pemantapan juga dilakukan tidak hanya melalui kegiatan inspeksi rutin namun lebih dari itu, setiap harinya kontrol disiplin juga dilakukan pada jam masuk dan pulang kerja. Mengutip apa yang disampaikan oleh Sekda Kabupaten Belitung, Drs. Abdul Fatah, M.Si sebelum Ramadhan ketika melaksanakan Apel Pagi di Lingkungan Setda Belitung bahwa Apel Pagi dilakukan bukan hanya untuk penegakan disiplin, tapi juga untuk melatih rasa tanggungjawab dan kebersamaan sebagai PNS.

   Lebaran dan Apel Pagi kiranya berjalan pada rel yang sama yaitu akan pentingnya semangat kebersamaan, menanamkan akan etos kerja sesungguhnya sebagai umat serta menjadikan hidup lebih bermakna dan berarti bagi orang banyak, nusa dan bangsa.***(Zakina)

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung