Selasa, 4 September 2012 08:57

WORKSHOP PROGRAM PENDIDIKAN KEPENDUDUKAN DAN PHBK

TANJUNGPANDAN — Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melaksanakan Workshop Program Pendidikan Kependudukan dan Perilaku Hidup Berwawasan Kependudukan (PHBK).

Workshop berlangsung di Bahamas Resort dan Hotel Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, dari tanggal 3 s/d 5 September 2012, dibuka Kepala BKKBN Dr dr Sugiri Syarief, MPA. Workshop diikuti 72 peserta, terdiri pejabat eselon II di lingkungan BKKBN pusat dan kepala kantor perwakilan BKKBN provinsi seluruh Indonesia.

Hadir pada acara pembukaan Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein dan Bupati Belitung Timur Basuri Tjahaya Purnama. Pada kesempatan itu dilakukan penanda tanganan Memorandum of Undaerstanding (MoU) kerjasama BKKBN dengan RSUD Tanjungpandan, yang ditanda tangani oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Kadir Ruslan Sitepu, SH, Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein, dan Direktur RSUD Tanjungpandan dr Ikhwan Gusnadi.

Kerjasama BKKBN dengan RSUD Tanjungpandan dimaksudkan untuk mewujudkan sinergitas guna memajukan dan mensejahterakan masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Belitung, melalui penyediaan sarana dan pelayanan kontrasepsi jangka panjang.

Usai penanda tanganan MoU, dilakukan penyerahan bantuan peralatan medis “laparascopy” dari BKKBN untuk RSUD Tanjungpandan. Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Kepala BKKBN Dr dr Sugiri Syarief, MPA kepada Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein, diteruskan kepada Direktur RSUD Tanjungpandan dr Ikhwan Gusnadi.

Ketua Panitia Pelaksana Workshop Drs Eddy M Hasmi, M.Sc dalam laporannya mengatakan, workshop ini bertujuan untuk menyosialisasikan dan memantapkan nilai dan gerakan PHBK. Hasil yang diharapkan adalah ditetapkannya nilai-nilai PHBK, tersusunnya matriks nilai-nilai PHBK, dan terbentuknya komitmen pelaksanaan nilai-nilai PHBK dan gerakan PHBK di seluruh provinsi di Indonesia.

Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada BKKBN yang telah memilih Kabupaten Belitung sebagai tempat pelaksanaan workshop berskala nasional ini. Dia berharap workshop ini dapat mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat, termasuk masyarakat Kabupaten Belitung. (syf)



Sumber: Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional