Senin, 24 September 2012 01:20

IPHI Kabupaten Belitung Gelar Silaturahim dan Halal Bihalal Akbar Tahun 1433 H

Tanjungpandan === IPHI Kabupaten Belitung mengadakan acara Halal Bihalal Akbar Tahun 1433 H / 2012 M pada Hari Sabtu tanggal 22 September 2012 bertempat di Gedung Serba Guna Pemkab. Belitung yang dihadiri oleh Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein, Ketua MUI Kab. Belitung H. Anwar DM, Ketua IPHI Kab. Belitung Periode 2012-2017 H. Sahani Saleh, S.Sos beserta Pengurus IPHI Kabupaten Belitung, Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung Drs. H. Abdul Fatah, M.Si, para jemaah haji kabupaten Belitung dan calon jemaah haji Kabupaten Belitung tahun 2012.

H. Paryanta selaku Ketua Pelaksana dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini diselenggarakan atas program kerja IPHI Kabupaten Belitung. Kegiatan ini bertemakan Melalui Halal Bihalal IPHI Kabupaten Belitung Tahun 1433 H / 2012 M Kita Kokohkan Ikatan Persaudaraan Haji sebagai Wujud Persaudaraan Haji Mabrur. Tujuan Kegiatan halal bihalal adalah sebagai ajang silaturahmi bagi para jemaah haji,  sosialisasi kepengurusan IPHI kabupaten Belitung periode 2012-2017, dan menggalang kemampuan bersama yang selanjutnya IPHI Kabupaten Belitung dapat berkiprah bagi kemaslahatan umat. Sumber dana pelaksanaan kegiatan berasal dari sumbangan pengurus dan anggota IPHI Kab. Belitung. Kegiatan halal bihalal  diikuti oleh seluruh angkatan jemaah haji kabupaten belitung dan calon jemaah haji Kabupaten Belitung.

Ketua IPHI Kabupaten Belitung Periode 2012-2017 H. Sahani Saleh, S.Sos dalam sambutannya mengatakan bahwa halal bihalal ini merupakan ajang silaturahmi untuk peningkatan kemabruran haji. Kedepan IPHI Kab Belitung akan melakukan berbagai macam pertemuan dalam rangka menyusun rencana kegiatan untuk bisa saling menjaga silaturahim dan pembangunan masyarakat umumnya dalam hal dakwah dan syi'ar islam sesuai kehidupan masyarakat beriman dan bertakwa. IPHI juga merencanakan membuat sekretariat bersama untuk keterpaduan dalam syi'ar Islam yang terdiri dari MUI, Ormas Islam dan IPHI.

Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein selaku dewan penasehat IPHI dalam sambutan mengatakan silaturahim dan Halal Bihalal penting maknanya untuk menjaga kemabruran haji dengan halal bihalal dapat mempererat silahturahmi dan saling bermaaf-maafan, untuk itu atas nama pribadi, keluarga, serta seluruh Jajaran Pemerintah Kabupaten Belitung mohon dibukakan pintu maaf kepada jemaah haji kabupaten belitung atas kesalahan, baik yang disengaja maupun yang tidak sengaja baik di Pemerintahan maupun dalam pergaulan sehari-hari.

Pada acara halal bihalal dilaksanakan pembacaan ayat-ayat suci Al Qur'an oleh Sartika Oktaviana dan saritilawah H. Bunyamin. Sedangkan H. Ucu Sibromilsi, S.Ag menyampaikan ceramah agama yang ditutup dengan doa. Diakhir acara jemaah haji saling bersalaman untuk mempererat silaturahim dan saling bermaaf-maafan yang dimulai dari Bupati Belitung, Ketua MUI Kabupaten Belitung, Pengurus IPHI Kabupaten Belitung Periode 2012 - 2017 serta jemaah haji Kabupaten Belitung. (H. Firik)
Sumber: IPHI Kabupaten Belitung