Selasa, 25 September 2012 04:30

Tanjung Pendam Masuk Kategori 9 Besar

Tanjungpandan === Kawasan Wisata Tanjung Pendam, Kabupaten Belitung terpilih dan masuk finalis 9 besar dalam ajang Cipta Award 2012 yang diselenggarakan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Penghargaan rencananya akan diterima oleh Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein pada Jum’at, 28 September 2012 yang akan diserahkan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Mari Elka Pangestu.

Cipta Award 2012 merupakan suatu ajang kompetisi tingkat nasional yang diberikan kepada pengelola daya tarik wisata sebagai salah satu wujud apresiasi pemerintah untuk mendorong pengelola pariwisata dalam meningkatkan kualitas pengelolaan daya tarik wisata yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

Anugerah Citra Pesona Wisata (Cipta Award) untuk tahun 2012 ini telah memasuki kali ke-3. Penghargaan ini diberikan kepada destinasi wisata yang tersebar di seluruh Indonesia. Semua destinasi bebas mengikuti penghargaan ini.

Adapun manfaat bagi daerah dengan diterimanya penghargaan ini, yakni menjadi motivasi bagi pengelola untuk meningkatkan kualitas daya tarik wisata dan kapasitas pengelolaan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan, serta munculnya kesadaran para pelaku wisata.

Seperti dilansir dari Radar Bangka, Kepala UPTD Taman Hiburan Pantai Wisata Tanjung Pendam, Sugianto mengatakan, pihaknya sangat bersyukur dan berbangga, dari berbagai macam tujuan wisata yang ada di Bangka Belitung, Wisata Tanjung Pendam terpilih dan masuk dalam 9 Besar finalis Cipta Award 2012.  

Dijelaskan juga, dalam proses penilaian, juri Cipta Award 2012 telah melakukan kunjungan sejak tanggal 13 hingga 16 Agustus 2012 lalu untuk menilai beberapa aspek, diantaranya aspek administrasi, kondisi fisik lapangan seperti kebersihan, tenaga kerja dan pendapatan. Pernilaian juga dilihat dari jumlah arus kunjungan, baik kunjungan lokal maupun manca negara.

Prestasi membanggakan yang diraih Pantai Wisata Tanjung Pendam, Kabupaten Belitung ini tentunya patut kita syukuri dan jadikan motivasi untuk lebih meningkatkan pengembangan destinasi pariwisata daerah.***(Fra)
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung