Senin, 1 September 2008 08:30

Membersihkan dosa dengan Memanfaatkan Momentum Bulan Suci Ramadhan 1429 H

Tanjungpandan (WP), Kepala Kantor Departement Agama Kabupaten Belitung, Imam Safei S.Ag baru saja  membuka acara menyambut Ramadhan 1429 H  di Rumah Dinas Penjabat Bupati, Minggu (31/8) pukul 19:00 yang akan diawali sholat tarawih yang dipimpin imam H.Marsidi Surdji diikuti sekitar delapan puluh jamaah dengan bilal Ikwan Akhyar.

Seusai sholat tarawih, Penjabat Bupati Belitung Haryono Moelyo,SE,MA menyampaikan sambutan tanpa teksnya sekaligus memperkenalkan diri kepada sejumlah unsur muspida, tokoh masyarakat, tokoh agama yang hadir di Rumah Dinas . ”Saya berterimakasih atas sambutan hangat terutama pada saat pelantikan saya sebagai Penjabat Bupati Belitung, mudah-mudahan cita-cita menyelenggarakan pemerintah di Kabupaten Belitung dapat berjalan dengan baik. Tugas kedua adalah menyelenggarakan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belitung Definitif.

Pemilik gelar Master of Art (MA) dari univeritas luar negeri yang kini memiliki golongan IV/c ini berharap bekal yang dimiliki cukup mendukung tugas selama enam bulan sebagai Penjabat Bupati Belitung. Suami  dari Ade Haryono dengan tiga putera yakni Dimas Rivia Anggoro, Dimas Arya Nugroho, Dimas Muhammadin dan seorang putri  bernama Rafidah Putri Rabi’ah pernah berkarir di BKKBN, menjadi Kepala Disnakersos Kabupaten Bangka dan Bapeda Kabupaten Bangka. Karinya di pemerintah Provinsi diawali sebagai Kepala Badan Diklat Provinsi dan terakhir menjabat sebagai Staff Ahli Gubernur Propinsi Kepulauan Bangka Belitung sebelum menjabat sebagai Penjabat Bupati Belitung yang dilantik oleh Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Syamsudin Basari pada hari Jum’at, 29 Agustus 2008 yang lalu.

Keberhasilan pelaksanan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati adalah wujud amanat pelaksanaan pemkada, dimana keberhasilan dalam pelaksanaanya merupakan keberhasilan dan tanggung jawab kita bersama. ”Ketika Pemkada berjalan baik, saya berkeyakinan daerah ini akan diperhitungkan  ditingkat lokal, regional maupun global. Banyaknya resources yang dimiliki bisa dikembangkan dan memancing investasi, menciptakan lapangan kerja, dan mengurangi pengangguran yang akhirnya bermuara pada pengentasan kemiskinan” tegas Haryono Moelyo. Dan yang terpenting lagi kita bisa mengetahui orang-orang miskin yang bisa bantu dan kita angkat dari jurang kemiskinan. Saya pun menjaga untuk tidak melakukan hal-hal yang bersinggungan dengan masalah hukum sebagaimana kita mengendalikan diri kita di bulan suci Ramadhan ini dan meningkatkan silaturahmi agar cita-cita kita bersama bisa terwujud, tambah Penjabat Bupati Belitung Haryono Mulyo diakhir sambutannya.

Kita bersyukur manusia diciptakan sebagai makluk yang paling sempurna dengan fithrah zahir dan fithrah bathin. Secara zahir (fisik) kita diciptakan dengan bentuk yang paling sempurna tetapi perbuatan yang buruk bisa merusakan kesempurnaan bentuk fisik  itu. Sedangkan fithrah  bathin adalah  akal, hati dan nafsu.  Akal manusia membutuhkan makan dengan ilmu pengetahuan yang positif.  Kedua adalah hati, yang disinari nur Ilahi yang sering disebut hati nurani. Namun ketika dikotori ujub, iri takabur atau dengki maka akan digelapkan dengan perbuatan dosa. Ketiga adalah nafsu atau jiwa atau ruh mendorong kita berbuat, namun seringkali nafsu membawa ke perbuatan jahat. Untuk itu kita berupaya mengendalikan nafsu agar jiwa kita menjadi tenang.

Kita menyadari bahwa manusia  tidak pernah lepas dari dosa, yang membuat fithrah kita jadi kotor. Tuhan menyediakan momen-momen untuk melepaskan dosa. Dosa bisa kita lepaskan ketika kita beristiqfar terutama di bulan Rajab yang dikenal dengan Istiqfar Rajab. Dosa yang menempel dihati juga dapat digugurkan di bulan Sya’ban dengan melakukan silaturahmi (saling bermaaf-maafan). Dan tugas kita di bulan Ramadhan adalah membersihkan dosa didalam ruh.

Bulan Ramadhan ini disediakan tahapan untuk membakar dosa, diawali rahmat kasih sayang  pada 10 hari pertama, diberi ampunan pada 10 hari kedua, dan menjadi hari pembebasan pada 10 hari ketiga. Namun ini juga tergantung dengan niat yang baik dalam menjalan ibadah di bulan suci Ramadhan. Semoga akal,hati dan nafsu akan berakhir kepada fitrah, kemuliaan dan kemenangan, Minal Aidzin Wal Faidzin, ujar H.Ucu Sibromil,S.Ag dalam malam pertama ceramah bulan suci Ramadhan 1429 H.    
 
TANGGAL
TEMPAT/MESJID
IMAM
PENCERAMAH
01-SepRumah Dinas BupatiH.Marsidi SurdjiH.Ucu Sibromils,S.Ag
04-SepMesjid Lapas CerucukHM.Jamil ZainalDrs.Ibnu Haban
06-SepNurul Huda Gn,RitingDrs.BanyaminDrs.Suhardi
07-SepAs Sajadah Blh TumbangH.Kholik HusinSupardi,M.Ag
09-SepMukarromah A.SelumarH.Rozali Dahri,BAH.Warsito,S.Ag
11-SepMesjid Akbar KembiriHM.Siroh,BAIr.Harsono H.Katis
13-SepFathul Qorib  Tg.PendamZ.Alamsyah HuseinZainal Abidin
14-SepAl Huda Tg.BingaDrs. Huziadi HuseinDrs.Arham Armuza,S.Ip
16-SepAl Mabrur Tg.PandanH.Marsidi Surdji
18-SepAs Salam, Pulau GersikHM.Jamil ZainalFarid Wajdi,S.Ag
19-SepAl Mutmainnah,PerawasH.Abdul Kholik HuseinDrs.Ibnu Haban
20-SepRumah Dinas BupatiHM.Siroh,BASupardi,M.Ag


Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung Ir.Mulgani menitipkan pesan agar seluruh kepala SKPD dapat ikut menyemarakkan bulan suci Ramadhan dengan mengikuti serangkaian jadwal Safari Ramadhan (fithrorozi).
Sumber: