Selasa, 16 Oktober 2012 09:32

Sosialisasi dan Edukasi Publik Program KPU/USO

Tanjungpandan, 15-10-2012 (Dishubkominfo) - Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI), Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Belitung menyelenggarakan Sosialisasi dan Edukasi Publik Program KPU/USO bertempat di Hotel Grand Hatika, Tanjungpandan Kabupaten Belitung, Senin 15/10/2012.
Kewajiban Pelayanan Universal di sektor telekomunikasi merupakan komitmen bersama dari seluruh negara yang tergabung dalam organisasi telekomunikasi dunia (international telecommunication union/itu) khususnya pada itu-d (development) sebagaimana komitmen beberapa negara pada deklarasi tokyo tahun 2003.

Percepatan pemerataan akses telekomunikasi dan informasi untuk daerah tertinggal, terpencil, perbatasan dan tidak layak secara ekonomi dilaksanakan oleh pemerintah melalui program kewajiban pelayanan universal/universal service obligation (kpu/uso) yang dananya bersumber dari kontribusi penyelenggara telekomunikasi, sesuai amanat uu nomor 36 tahun 1999 tentang telekomunikasi, dimana kewajiban pelayanan umum ini merupakan kewajiban penyediaan jaringan telekomunikasi berdasarkan prinsip:
(1) perlakuan yang sama dan pelayanan yang sebaik-baiknya bagi semua pengguna.
(2) peningkatan efisiensi dalam penyelenggaraan telekomunikasi dan;
(3) pemenuhan standar pelayanan serta standar penyediaan sarana dan prasarana.

Konsep Kewajiban Pelayanan Universal/Universal Service Obligation (KPU/USO) merujuk pada kewajiban pemerintah untuk menjamin tersedianya pelayanan publik bagi setiap warga negara melalui proses percepatan peningkatan pemerataan fasilitas komunikasi informasi warga masyarakat yang tinggal di desa-desa khususnya desa terpencil.

Pelaksanaan Program KPU/USO di Kabupaten Belitung dimulai tahun 2009 dengan Program Desa Berdering, disusul dengan PLIK (Pusat Layanan Internet Kecamatan) dan terakhir di tahun 2011 dengan program MPLIK (Mobile Pusat Layanan Internet Kecamatan). Tahun 2012 ini Kabupaten Belitung mendapatkan bantuan wifi untuk 2 lokasi, bantuan wifi rencananya akan ditempatkan di Pantai Wisata Tanjung Pendam dan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung, demikian sambutan Bupati Belitung yang dibacakan Drs. Arham Armuza, S.I.P staf Ahli Bupati Belitung dalam pembukaan Program Sosialisasi dan Edukasi Publik KPU/USO.

Arham Armuza juga menyoroti pelaksanaan program KPU/USO di Kabuapten Belitung yang belum terealisasi maksimal. Hal penting dalam komunikasi adalah koordinasi. Realisasi program akan berjalan dengan baik jika ada koordinasi.

Narasumber dan materi dalam Sosialisasi dan Edukasi Publik Program KPU/USO diisi oleh Suyanto, S.Sos, M.T., Kasubag TU BP3TI dengan materi Sosialisasi dan Publikasi Program KPU/USO, Willy Sandy Kristanto dari Koperasi Telkomsel (Pic) cluster Wilayah Belitung dengan materi Sosialisasi Desa Berdering, Arfiansyah, Project Manager IT PT. Multidata Rencana Prima dengan materi Sosialisasi Nusantara Internet Exchange (NIX) dan Aditya Rachmadi, Project Manajer JALIN WIFI PT. Radnet dengan materi Sosialisasi JALIN-WIFI Kabupaten dan sebagai moderator Mohammad Iqbal, S.T., Kepala Bidang Komunikasi dan Informatika Dishub Kominfo Kabupaten Belitung.

Kegiatan Sosialisasi ini diikuti oleh perwakilan SKPD yang berada di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, Perwakilan Kecamatan, Desa dan Kelurahan, Instansi vertikal, Mahasiswa dan Pelajar. (AMP)
Sumber: Dishubkominfo Kab. Belitung