Selasa, 16 Oktober 2012 09:36

SEKDA MEMBUKA DIKLAT PENGADAAN DAN UJIAN SERTIFIKASI KEAHLIAN BARANG/JASA PEMERINTAH KABUPATEN BELITUNG TAHUN 2012

Tanjungpandan, Kantor Pelatihan dan Pendidikan Kabupaten Belitung, pada hari senin tanggal 15 Oktober 2012 menyelenggarakan Diklat Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 70 Tahun 2012 dan Ujian Sertifikasi Keahlian Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Kabupaten Belitung Tahun 2012, bertempat di Gedung Serba Guna Pemkab Belitung.

Kepala Kantor Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Belitung, Susilawati, SE dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan yang bersumber dari dana APBD Tahun 2012, salah satunya bertujuan agar para peserta mampu memahami pelaksanaan proses pengadaan barang/jasa dengan cara swakalola.

Diklat tersebut diikuti oleh 50 orang peserta dan 100 orang peserta mengikuti ujian sertifikasi keahlian barang/jasa serta diselenggarakan selama 6 hari, dari tanggal 15 Oktober 2012 sampai dengan 20 Oktober 2012. Adapun metode pengajaran yang digunakan yaitu ceramah, diskusi serta studi kasus dan Narasumber berasal dari Pusdiklat BPK Republik Indonesia, Iwan Iswanto Herdian.

Dalam kesempatan tersebut, Drs.H. Abdul Fatah, M.Si Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung mewakili Bupati Belitung, hadir sekaligus membuka Diklat tersebut secara resmi dan menyampaikan beberapa point penting dalam sambutannya, antara lain:

Mengharapkan agar para peserta bisa mengikuti Diklat ini dengan bersemangat dan jangan ada niat dihati maupun pikiran bahwa kegiatan ini hanya sekedar saja, tetapi harus bisa merangkum semua materi yang diperoleh dari para Narasumber.

Bahwa dalam proses pengadaan barang/jasa diperlukan kehati-hatian, kesesuaian norma, standar serta kriteria agar kita semua terhindar dari kekeliruan dan kesalahan.

Semua penyimpangan-penyimpangan yang terlihat dan sering terjadi dalam pengadaan barang/jasa, baik yang dilakukan oleh perorangan maupun kelompok demi memperoleh keuntungan pribadi, agar bisa menjadi contoh bagi semua sehingga tidak terjadi kembali.

Serta menggunakan kegiatan ini, sebagai sarana untuk bertanya hal-hal tentang pengadaan barang/jasa yang sekiranya meragukan atau tidak diketahui oleh para peserta kepada narasumber.

Selain Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, hadir dalam pembukaan tersebut yakni Kepala Badan Kepegawaian Kabupaten Belitung, Kepala Dishubkominfo Kabupaten Belitung, Kepala Satpol PP Kabupaten Belitung, Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung serta Undangan lainnya.***
Sumber: Kantor Pendidikan dan Pelatihan Kab. Belitung