Kamis, 18 Oktober 2012 22:38

SOSIALISASI IMPLEMENTASI ”BLUE ECONOMY”

Tanjungpandan__Dalam rangka memberikan pemahaman dan pengetahuan serta membangun kesadaran masyarakat terhadap potensi kelautan dan perikanan dikaitkan dengan Implementasi Blue Economy atau Ekonomi Biru dalam Pembangunan Nasional, maka Kementrian Komunikasi dan Informatika dalam hal ini Direktorat Layanan Internasional pada Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik menggelar kegiatan Forum Sosialisasi Implementasi Blue Economy dalam Pembangunan Nasional yang berlangsung pada Senin, 15 Oktober 2012, di Hotel Bahamas Tanjungpandan.

Kegiatan ini diikuti sekitar 50 orang peserta yang mewakili unsur pelaku Ekonomi dan Bisnis Kelautan, Organisasi Nelayan, Organisasi Masyarakat Pesisir, Akademisi/pemuda yang terkait dengan kelautan, serta sejumlah penyelenggara Pemerintah di Instansi/Lembaga terkait.

Adapun maksud dan tujuan kegiatan ini, yakni untuk membangun dan menjalin kemitraan positif dengan masyarakat di daerah, dalam memperlancar arus penyebarluasan informasi, sehingga mampu berkontribusi dalam program blue economy. Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan pemahaman, pengetahuan dan wawasan, serta menciptakan kesadaran masyarakat akan potensi kelautan dan perikanan, sekaligus menghimpun berbagai masukan, membangun komunikasi yang akomodatif dan konsultatif di kalangan masyarakat.

Dalam sambutan Bupati Belitung yang dalam kesempatan ini diwakili Sekda Kabupaten Belitung Drs.H.Abdul Fatah, M.Si mengatakan, untuk di Kabupaten Belitung sendiri, pembangunan di bidang perikanan dan kelautan merupakan bagian dari trilogi unggulan daerah yang terus dikembangan, disamping bidang pariwisata dan perhubungan. Oleh karena itu, diharapkan agar konsep “blue economy” atau ekonomi biru ini dapat segera terlaksana untuk mengembangkan kualitas kelautan dan perikanan di perairan Belitung.

“Besar harapan saya kiranya melalui sosialisasi ini kita dapat mengetahui lebih jauh mengenai apa, bagaimana serta mengapa konsep blue economy ini penting untuk dilakukan, tentunya akan dikaji dan disampaikan oleh para nara sumber  secara lebih detail dan mendalam. Karena itu, jangan tinggalkan ruangan ini sampai dengan pengakhiran nanti agar setiap tujuan yang diharapkan dapat terlaksana dengan baik, sebagaimana yang kita harapkan bersama”, jelasnya diakhir sambutan.

Turut hadir dalam acara, Sekretaris Dewan Kelautan Indonesia, Dr.Ir.Dedy Haryadi Sutisna, M.S beserta rombongan, Kadin Kelautan dan Perikanan Kabupaten Belitung Ir. Toni H.A Batu Bara, SE, MT, Kepala Satker dan Segenap Jajaran di Lingkungan Pemkab Belitung, para peserta dan undangan lainnya.
Sumber: Direktorat Layanan Internasional pada Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik