Sabtu, 17 November 2012 00:31

Semalam di Negeri Laskar Pelangi

Jakarta --- Suatu informasi penting untuk diketahui bersama bahwa Belitung sudah dikenal dunia sejak berabad-abad tahun silam. Bangka Belitung dikenal di mata dunia sejak abad ke-3 masehi. Kala itu, Bangka dikenal dengan sebutan “Wangka” yang berarti Kota Tertua. Dan, beberapa referensi sejarah menyebutkan bahwa pada abad X perairan Belitung merupakan rute alternatif “Jalur Sutra Maritim” dunia. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya temuan kapal karam (shipwreck) di perairan Belitung, salah satunya adalah temuan kapal/dhow arab yang karam di Batu Itma pada abad ke 10. Kapal ini bermuatan keramik Dinasti Tang (618-906 M) dan benda-benda logam lainnya, ujar Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein dalam acara Semalam di Negeri Laskar Pelangi di Anjungan Prop.Kep. Bangka Belitung TMII Jakarta (02/11)

Selain itu berabad-abad silam Belitung dikenal sebagai “Negeri Penghasil Timah,” seiring waktu berjalan dan menipisnya cadangan sumber daya alam tersebut, Belitung mulai bermetamorfosa menjadi salah satu “Destinasi Wisata Nasional ke 3” setelah Bali dan Lombok, bahkan beberapa waktu lalu, salah satu objek wisata di Belitung menjadi nominasi penghargaan pengelolaan objek wisata Pemda terbaik oleh Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia, dan Tanjung Kelayang termasuk dalam daftar Indikasi Program Perwilayahan Pembangunan Pariwisata Nasional Ujar Bupati

Selanjutnya keragaman dan kekayaan alam Belitung yang dianugerahkan oleh Sang Pencipta harus sama-sama kita jaga dan lestarikan ke”ajeg”annya sebagai suatu warisan bagi anak cucu kita nanti di masa yang akan datang. Karena inilah, pada malam hari ini bersama-sama kita disini untuk memperkenalkan kembali sekaligus mempromosikan potensi wisata yang kita miliki.

Acara ini dihadiri oleh Duta-Duta Besar negara sahabat, Wakil Gubernur Prop. Kep. Babel, Bupati Belitung Timur, Anggota DPRD Belitung, serta undangan lainya, dan acara ini juga ditampilkan beberapa kesenian dari Kabupaten Belitung dan Belitung Timur.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung