Sabtu, 17 November 2012 00:29

Belitung Exotic Culture dan Culinary 2012 - Destinasi Wisata Asia

Jakarta ---- Pulau Belitong adalah negeri yang unik, daerah yang strategis sehingga berabad silam menjadi perlintasan peniagaan dunia. Dulu Belitung dikenal sebagai Negeri Penghasil Timah, kini Belitung lebih dikenal sebagai Negeri Laskar Pelangi. Belitung memiliki potensi di berbagai sektor prioritas seperti Pariwisata, Perikanan dan Kelautan serta Kepelabuhan sebagai salah satu daerah yang dipersiapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus, ujar Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein dalam sambutannya pada pembukaan acara Belitong Exotic Culture dan Culinary 2012 Destinasi Wisata Asia di Parkir Timur Senayan Jakarta (02/11)

Exotisme Belitung dengan keindahan pantai-pantai berpasir putih adalah anugerah yang hingga hari ini masih terjaga kelestariannya, lalu Belitung juga menyimpan daya tarik wisata kuliner yang luar biasa, keanekaragaman sumber daya alam yang dimiliki, kemajemukan penduduk serta beragam seni dan adat istiadat sangat berpengaruh terhadap cita rasa, bentuk dan jenis kuliner serta cara penyajiannya. Kombinasi utuh dari banyak komponen yang di olah dengan penuh kreasi dan selera tinggi menjadi berbagai sajian kuliner berkelas dan khas, ujar Bupati

Sementara itu Gubernur Prop.Kep. Babel Eko Maulana Ali dalam sambutannya mengatakan sangat merespon positif atas suksesnya penyelenggaraan Belitong Exotic 2012 oleh Ikatan Keluarga Masyarakat Belitung (IKMB) dan mengatakan bahwa kegiatan serupa ini layak diselenggarakan pada masa mendatang. Event promosi Belitong ini saya nilai sangat positif dan telah mendapat respon baik dari masyarakat yang bermukim di luar Belitong.

Pada kesempatan ini Menko Kesra RI Agung Laksono yang hadir dalam acara ini mengatakan bahwa pilihan masyarakat Belitong mengembangkan wisata bahari  sebagai pilihan yang cerdas. Namun demikian, ia meminta masyarakat Belitong untuk meningkatkan kapasitas kecakapannya dan mengubah pola pikir bila ingin Belitong masuk ke industri pariwisata.

“Sumber daya laut dan pesisir harus dijadikan sebagai basis utama,”jelas Agung Laksono terkait potensi sumber daya alam yang dimiliki Belitong dihadapan undangan dan pengunjung Belitong exotic.” Potensi sumber daya yang dapat dimanfaatkan dari wilayah pesisir dan laut antara lain adalah wisata bahari, perikanan tangkap, juga perikanan budidaya dan pertambangan.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Wakil Gubernur Prop. Kep. Babel, Bupati Belitung Timur, Wakil Bupati Belitung, Para Pengusaha, serta undangan dan masyarakat Belitung yang berada di Jakarta dan sekitarnya.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung