Selasa, 4 Desember 2012 04:59

Rapat Penetapan Kawasan Taman Keanekaragaman Hayati

Tanjungpandan, 3 Desember  2012 == Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, Drs. H. Abdul Fatah, M.Si membuka rapat bersama dalam rangka penetapan Kawasan Taman Keanekaragaman Hayati di Kabupaten Belitung,  dihadiri langsung oleh Bupati Belitung, Wakil Bupati Belitung, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Asisten I dan II SETDA Kabupaten Belitung, Kementerian Lingkungan Hidup RI, BAPPENAS, Kepala DPPKAD, Kepala BAPEDA, Dinas PU dan Tim Pokja Taman Kehati BLHD Kabupaten Belitung serta para undangan.
        
       Dalam rapat  tersebut , kawasan kaki Bukit Paramun  Desa Aik Selumar  Kecamatan Sijuk,  dengan luas ± 16,25 Ha akan dijadikan sebagai rencana lokasi untuk Taman Keanekaragaman Hayati di Kabupeten Belitung. Taman Keanekaragaman Hayati atau Taman Kehati berdasarkan Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup RI Nomor 03 Tahun 2012, adalah suatu kawasan pencadangan sumber daya alam hayati lokal di luar kawasan hutan, yang mempunyai fungsi konservasi in-situ dan/atau ex-situ khususnya bagi tumbuhan yang penyerbukan dan/atau pemencaran bijinya, harus dibantu oleh satwa dengan struktur dan komposisi vegetasinya dapat mendukung kelestarian satwa penyerbuk dan pemencar biji.
        
       Selain itu, Taman Keanekaragaman Hayati merupakan cara untuk menyelamatkan berbagai spesies tumbuhan aslii/lokal yang memiliki tingkat ancaman sangat tinggi terhadap kelestariannya atau ancaman yang mengakibatkan kepunahannya.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung