Rabu, 10 September 2008 06:57

Safari Ramadhan : Mengendalikan keinginan berkonsumsi

Tanjungpandan (WP),  Pukul 18:40 (6/9) rombongan dijadwalkan berkumpul di Halaman Bupati Belitung, perjalanan menuju Desa Gunung ditempuh kurang lebih 72 km dari Kantor Bupati. Desa yang dipmpin oleh Kades  Yusman ini baru saja meraih predikat Juara dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Terimakasih atas sambutan di bulan Ramadhan ini, dengan sukacita dan keikhlasan, semoga segala upaya yang kita lakukan mempererat ukhuwah islamiah dan tali silaturahmi antara umat, ulama dan umaroh akan mendapat berkah dari Allah SWT, ujar Bupati ketika menyampaikan sambutannya kepada jamaah Mesjid Nurul Huda dalam rangka pelaksanaan Safari Ramadhan 1429 di Desa Gunung Riting.

Haryono Moelyo,SE,MA selaku Penjabat Bupati Belitung mengingat agar masyarakat dapat mengendalikan diri agar kondisi keamanan dan ketertiban tetap terjaga. Pada tanggal 23 Oktober 2008 nanti kita akan dilaksanakan Pemungutan Suara Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Belitung Periode 2009-2014. “Pengalaman menunjukkan  tanpa ditunjang kedewasaan politik, kematangan demokrasi serta kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif, pemilihan langsung tidak jarang mendorong terjadinya konflik horizontal”.

Pada akhir 2007 jumlah  penduduk  Desa Gunung Riting berjumlah 1367 jiwa terdiri dari 725 laki-laki dan 642  perempuan dengan 384 rumah tangga yang sebagian besar memeluk agama Islam. Pada saat Pemilihan Kepada Desa 12 Januari 2008 yang lalu, jumlah penduduk yang berhak memilih berjumlah 886 jiwa,  yang menggunakan hak pilih sebanyak 196 pemilih dengan 25 suara tidak sah.

Oleh karena itu, melalui kesempatan yang baik ini saya ingin mengajak kita sekalian memanfaatkan Bulan suci Ramadhan semaksimal mungkin untuk meningkatkan pengendalian diri guna menghadapi berbagai ujian termasuk ujian ukhuwah islamiah dan ukhuwah wathoniah (persaudaran nasional)  terutama saat pelaksanaan Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Belitung Definitif di bulan Oktober nanti.

Sebelum mendengar hikmah Ramadhan Bupati menyerahkan paket bantuan Ramadhan.  Dalam Safari Ramadhan Hari Ketiga ini, Ketua Dewan Masjid Indonesia Kabupaten Belitung Drs.Suhardi menyampaikan hikmah Ramadhan. Suhardi yang juga menjabat Ketua DPRD Kabupaten Belitung mengingatkan masyarakat untuk selalu menjaga keimanan dan mengendalikan hawa nafsu termasuk untuk mengendalikan keinginan memiliki sesuatu secara berlebih-lebihan. Jika terjadi kenaikan harga saat bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran, kita seharusnya dapat mengendalikan keinginan mengkonsumsi barang yang tidak perlu.  “ Jadi kalau terjadi kenaikan harga  barang kita jangan salahkan orang lain (Bupati) tetapi mari kita koreksi sejauh mana kita mengendalikan konsumsi kita” kata Suhardi. Bulan Ramadhan justru melatih kita kita untuk merasakan penderitaan mereka yang tidak beruntung.

Berdasarkan survei Pemerintah Provinsi Kepulaun Bangka Belitung tahun 2007, jumlah orang miskin di Desa Gunung Riting berjumlah  262 jiwa atau 7,3% dari total 3.585 penduduk miskin di Kecamatan Membalong (fithrorozi).
Sumber: