Kamis, 3 Januari 2013 05:09

TAHUN 2012 KABUPATEN BELITUNG BERHASIL MEMPEROLEH PENGHARGAAN TINGKAT NASIONAL

Tanjungpandan, 3 Januari 2013 === Dalam rangka memperingati Hari Nusantara Tingkat Nasional Ke-13 Tahun 2012 di Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat, pada Tanggal 16 Desember 2012 yang lalu Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memberikan penghargaan Adibakti Mina Bahari (AMB) Tahun 2012, kepada 74 penerima penghargaan dan terbagi dalam 27 kategori.

Adapun 27 kategori yang termasuk didalam penghargaan tersebut diantaranya, Unit Pelayanan Teknis Berprestasi, Wirausaha Perikanan Tangkap Teladan, Kelompok Usaha Bersama (KUB), Perikanan Tangkap Teladan, Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Teladan, Perusahaan Perikanan Tangkap Terpadu Teladan dan Asosiasi Perikanan Tangkap Teladan, Unit Pengolahan Ikan Skala Besar dengan Cara Pengolahan Ikan yang Baik, Kapal Pengawas Berprestasi, Kelompok Masyarakat Pengawas (POKMASWAS) Teladan Bidang Pengangkapan Ikan dan Pengawas Perikanan Teladan.

Diantara 74 penerima penghargaan tersebut, dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung hanya Kabupaten Belitung yang berhasil memperolah Penghargaan Tingkat Nasional yakni Penghargaan Adibakti Mina Bahari Tahun 2012, berdasarkan atas Keputusan dari Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor KEP.43/MEN/2012 Tanggal 3 Desember 2012, tentang Penetapan Penerima Penghargaan Adibakti Mina Bahari Tahun 2012.

Dua juara dari masing-masing kategori penghargaan yang diterima oleh Kabupaten Belitung, yakni:
1. Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tanjungpandan sebagai Unit Pelayanan Teknis Terbaik I, kategori Unit Pelayanan Teknis Berprestasi.
2. H. Abdul Rifa’i sebagai Teladan II, kategori Wirausaha Perikanan Tangkap Teladan.

Penghargaan Adibakti Mina bahari merupakan bentuk apresiasi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), atas peran serta aktif dan kepedulian para pemangku kepentingan dalam pemanfaatan serta pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan.

Selain itu, pada Tanggal 17 Desember 2012 juga telah diselenggarakan acara Temu Wicara pada pelaksananan Upacara hari Nusantara bertempat di Kecamatan Labuhan Haji Lombok Timur. Dihadiri oleh Wakil Presiden RI Budiono, Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Perhubungan dan Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang diwakili oleh Wakil Gubernur Rustam Efendi dan undangan lainnya. Dalam acara tersebut, salah satu unsur nelayan dari Kabupaten Belitung atas nama H. Abdul Rifa’i memberikan usulan antara lain :
1. Harga bahan bakar solar untuk nelayan pada tahun mendatang agar tidak mengalami kenaikan.
2. Kuota solar untuk nelayan Belitung perlu ada penambahan, dan usulan tersebut mendapatkan respon positif dari Wakil Presiden RI Budiono.

Dan pada Tanggal 22 Desember 2012, Kelompok Peduli Lingkungan Belitung (KPLB) dengan sitenya yaitu Pulau Kepayang meraih Coastal Award, sebagai terbaik untuk kategori Pengelolaan Pesisir oleh Kelompok Masyarakat dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Penyerahan penghargaan diterima oleh Budi Setiawan selaku Ketua KPLB, pada acara pembukaan Konferensi Nasional (KONAS) VIII Pengelolaan Sumberdaya Pesisir, Laut dan Pulau-pulau Kecil di Mataram.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung