Senin, 21 Januari 2013 09:07

ROMBONGAN STEI ITB MAKAN MALAM BERSAMA BUPATI BELITUNG

Tanjungpandan (21/01/2013) == Ir.H.Darmansyah Husein Bupati Belitung, Jum’at malam mengadakan acara jamuan makan malam bersama rombongan Sekolah Teknk Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung (STIE ITB), diadakan di Rumah Dinas Bupati Belitung tersebut, dihadiri oleh sekitar 60 orang dari rombongan STIE ITB serta Wakil Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos, Sekda Kabupaten Belitung, Asisten, Bagian Humas Setda, Kepala Dinas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung dan undangan lainnya.

Acara tersebut diawali dengan do’a bersama dipimpin oleh Drs. Fari, dilanjutkan dengan makan malam bersama, kemudian sambutan sekaligus paparan dari Bupati Belitung Ir.H.Darmansyah Husein serta sambutan dari Prof.Dr. Suwarno selaku Dekan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB dan Ketua rombongan.

Dalam sambutan sekaligus paparan, Bupati Belitung mengucapkan terima kasih atas kunjungan dari rombongan STIE ITB ke Pulau Belitung, kemudian Bupati Belitung dalam paparannya menyampaikan beberapa hal antara lain :

1. Saat ini, Pemerintah Kabupaten Belitung tengah mengembangkan alternatif lapangan pekerjaan yang lain di Kabupaten Belitung, melalui pengembangan di sektor Pariwisata, Perikanan dan Kelautan serta Kepelabuhan, selain sektor pertambangan timah, kaolin, pasir silika dan tanah liat yang selama ini telah di eksplorasi dan juga di eksploitasi sejak lama. Tujuan lainnya dari pengembangan 3 (tiga) sektor tersebut, salah satunya agar ketersediaannya bahan tambang seperti timah dan lainnya sebagai Sumber Daya Alam (SDA) tetap ada.

2. Gambaran umum Kabupaten Belitung dimana secara geografis terletak antara 107?20’ – 107?58’ Bujur Timur dan 02?30’ – 03?15’ Lintang Selatan, dengan luas wilayah daratan 229.369 Ha (2.293,69 Km²) dan terdiri dari 5 (lima) Kecamatan, 7 (tujuh) Kelurahan, 42 (empat puluh dua) Desa serta 98 Pulau.

3. Berdasarkan Jalur Perdagangan Internasional Kabupaten Belitung memiliki posisi yang geografis dan juga strategis, baik di tingkat Lokal, Regional maupun Internasional. Selain Kabupaten Belitung memiliki tingkat Aksesibilitas tinggi terhadap Pulau-Pulau di Indonesia yakni Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Singapura, serta terletak pada jalur Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI).

4. Program-program prioritas pada RPJMD Tahun 2010-2014 melalui 3(tiga) sektor yakin sektor Pariwisata dengan pengembangan destinasi dan peningkatan kunjungan, sektor Perikanan dan Kelautan dengan pengembangan budi daya laut, tawar, payau dan peningkatan sarana prasarana, dan di sektor Perhubungan dengan peningkatan status kawasan dan peningkatan sarana prasarana juga.

5. Konsep pengembangan wilayah Kabupaten Belitung yang dilakukan dengan mengembangkan kawasan-kawasan potensial meliputi Kawasan Pengembangan Pariwisata di Kecamatan Sijuk, dengan luasan 458,200 KM², kawasan Pengembangan Perikanan dan Kelautan di Selat Nasik, dengan luasan 133,000 KM², Kawasan Pusat Bisnis di Kecamatan Tanjungpandan, dengan luasan 378,448 KM², Kawasan Pengembangan Pelabuhan Tanjung Batu dan Industri Suge, serta Kawasan Pengembangan Pertanian (Agropolitan).

6. Pelabuhan Tanjungpandan Belitung ditetapkan sebagai salah satu dari 18 Pelabuhan Indonesia di seluruh Indonesia, yang diberikan kemudahan dibidang Kepelabuhanan untuk proses keluar masuk kapal wisata (yacht), hal ini didasari oleh Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2011 tentang Kunjungan kapal wisata (yacht) asing ke Indonesia.

7. Data total kunjungan Wisatawan Asing dan Nusantara ke-Kabupaten Belitung dari Bulan Januari – Desember Tahun 2012, yang mencapai angka 111.613 orang. Selain itu kunjungan dari para Wisatawan tersebut terbentur dengan jumlah kamar-kamar hotel yang masih terbatas, dengan total 679 kamar.

8. Rencana pengembangan kawasan-kawasan eks. Kolong Timah menjadi kawasan wisata di Kabupaten Belitung dan kondisi infrastruktur jalan di Kabupaten Belitung hingga ke wilayah pelosok yang telah diaspal hotmix, menjadi salah satu daya tarik Wisatawan untuk berkunjung.

Selain beberapa hal diatas, Bupati Belitung juga mempromosikan keindahan beberapa objek wisata di Belitung seperti Pulau Lengkuas, Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Kelayang, yang sayang jika tidak dikunjungi oleh rombongan STEI ITB, selama berada di Pulau Belitung.

Pada kesempatan yang sama, Dekan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB, Prof.Dr. Suwarno menyampaikan ucapan terima kasih khususnya Kepada Bupati Belitung atas sambutan sekaligus jamuan makan malam. Apresiasi juga disampaikan Prof.Dr. Suwarno terhadap paparan dari Bupati Belitung dan semua informasi yang diperoleh dari paparan tersebut akan dijadikan sebagai bahan pembelajaran kedepan.

Setelah sambutan dari Bupati Belitung dan Dekan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB, acara dilanjutkan dengan acara hiburan, foto bersama dan sekaligus pertukaran cinderamata.

Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STIE) ITB merupakan gabungan dari dua Departemen di Institut Teknologi Bandung, yakni Departemen Teknik Elektro dan Teknik Informatika yang di resmikan pada 1 Januari 2006, berdasarkan Surat Keputusan dari Rektor Nomor. 012/SK/01/OT/2005.

Saat ini, STEI ITB menyelenggarakan pendidikan sejumlah 5 (lima) Program Sarjana Teknik (S1) yaitu Sarjana Teknik Elektro, Sarjana Teknik Informatika,  Sarjana Teknik Tenaga Listrik,  Sarjana Teknik Telekomunikasi, Sarjana Sistem dan Teknologi Informasi, yang masing-masing berlangsung 8 (delapan) semester dengan total kredit 144 SKS. Selain itu STEI ITB juga menyelenggarakan Program Magister Teknik (S2) dan Program Dokter (S3). (Dini)
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung