Jum'at, 25 Januari 2013 10:31

SALAM BELITUNG SEPEKAN

    Setiap 12 Rabiul Awal, umat Islam di seluruh penjuru dunia memperingatinya sebagai Hari Kelahiran Nabi Muhammad, SAW yang menurut catatan historisnya dimulai sejak zaman kekhalifahan Fatimiyah dibawah pimpinan keturunan dari Fatimah az-Zahrah, Putri Nabi Muhammad SAW. Perayaan ini dilaksanakan atas usulan panglima perang, Shalahuddin al-Ayyubi (1137 M - 1193 M) kepada kalifah agar mengadakan peringatan Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW.

        Tujuannya adalah untuk mengembalikan semangat juang kaum muslimin dalam membebaskan Masjid al-Aqsha di Palestina dari cengkraman kaum Salibis. Hal ini berimplikasi pada besarnya semangat jihad umat Islam yang semakin menggelora saat itu. Peringatan Maulid Nabi Muhammad, SAW juga dapat dipandang sebagai upaya untuk mengenal keteladanan Nabi Muhammad, SAW sebagai pembawa ajaran Agama Islam, pemimpin besar yang sangat luar biasa dalam memberikan tauladan agung bagi umatnya.

      Menjadi sesuatu yang penting untuk digarisbawahi bersama bahwasanya Maulid Nabi Muhammad, SAW adalah salah satu upaya transformasi diri atas kesalehan umat serta semangat baru dalam membangun nilai-nilai moral, sosial, dan kebangsaan sehingga tercipta tatanan masyarakat madani yang berdiri di atas fondasi toleransi, keterbukaan, anti kekerasan, fluralisme, cinta lingkungan, berkeadilan serta menjunjung tinggi martabat dan hak asasi manusia.

      Nabi Muhammad SAW adalah sosok atas semua sosok. Bisa sebagai ulama, sebagai pedagang, sebagai panglima, sebagai suami, sebagai anak, sebagai ayah dan sebagainya. Dalam perspektif sosial politik, pastinya Muhammad SAW dipahami sebagai sosok politikus handal. Sosok individu yang identik dengan pemimpin yang adil, terbuka, berwibawa, toleran, humanis, egaliter, cerdas, tangkas, visioner sehingga mampu membawa tatanan masyarakat Arab dari zaman jahiliyah ke zaman pencerahan.

      Semangat dan keteladanan Nabi Muhammad SAW ini mestinya dapat menjadi suri tauladan bagi kita semua, tak terkecuali bagi para kandidat pemimpin Belitung yang akan berlaga pada kontestasi pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pemkada) Belitung 2013. Sosok Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein akan segera tergantikan usai pesta demokrasi tersebut. Pada 2 (dua) periode kepemimpinannya telah banyak program sukses dijalankan guna menopang tiang perekonomian daerah pasca menyusutnya timah sebagai primadona pendapatan daerah. Beberapa potensi strategis mulai mengepakkan sayapnya, yaitu di tiga sektor unggulan, Pariwisata, Perikanan dan Kelautan serta Kepelabuhan. Tentunya kesinambungan pembangunan sangat ditentukan pada siapa tapuk kepemimpinan berlabuh. Karena itu, masyarakat Belitung harus cerdas dalam memilih agar Belitung semakin maju, aman, dan sejahtera.

      Dari kelakar sejarah Maulid Nabi hingga Pemkada Belitung, Belitung Sepekan akan terus menyapa publik penikmat informasi seputar ragam peristiwa yang terjadi dalam sepekan terakhir. Di barisan terdepan dapat disimak tentang Kunjungan Kerja Tim Koordinasi PNPM PISEW Pusat dan Pengelola PPIP di Kabupaten Belitung, Clipper Odyssey, Kunjungan Rombongan STEI ITB, Festival Langgam Melayu, Audiensi DPP KNPI dengan Wabup, Musorkab KONI 2013, Persiapan Rakerda KOPRI I serta berita foto. Dari ruang redaksi diucapkan “Selamat membaca, jayalah terus Belitung tercinta”. ****

(Pemred Belitung Sepekan)

SUSUNAN REDAKSI BELITUNG SEPEKAN
     
1. Pembina                    : Bupati & Wabup Belitung
2. Penanggung Jawab     : Sekretaris Daerah
                                      Drs. H. Abdul Fatah, M.Si.
3. Pengarah                  : Assisten 1 Bidang  Pemerintahan 
                                     Maiya Hasibuan, SH.                                              
4. Pemimpin Umum        : Kabag Humas
                                       Rusdin, S.Ikom.
5. Pemimpin Redaksi      : Kasubbag Pers dan Peliputan
                                       Zakina, S.Sos., M.Si.
6. Editor                        : Desy Resmita, S.Sos & Supriadi
7. Design Grafis & Fotografer    : Firik, Amd., Fauzi &Tedi
8. Penulis Artikel           : Fradika Karila, S.Sos.  Ferdini Widiatama, S.Ikom., 
                                     Marvianty Triarty, Amd.,  Erny Octaviany, S.Ikom.,  
                                     Very Yudhistira, S.Ikom.,  Iwan Satriawan, ST.,
                                     Fithrorozi, S.kom, ME.
9. Sekretariat                 : Moh. Isnaini, S.Sos., Iza Fitriasari, Irwanto 
                                       &  Senihadi
     



Sumber: Humas Setda Kab. Belitung