Rabu, 30 Januari 2013 09:41

BUPATI BELITUNG RESMI MELANTIK PNS DI LINGKUNGAN PEMERINTAH KABUPATEN BELITUNG

Tanjungpandan- Sebanyak  232 orang Pegawai Negeri Sipil formasi 2010 dan 15 orang  PNS formasi 2009, mengikuti acara pengambilan sumpah/ janji Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, yang diselenggarakan di Gedung serba guna Tanjungpandan dan dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Sekda Kabupaten Belitung yang diwakili oleh Asisten III bidang Administrasi, Kepala Badan Kepegawaian Daerah,  Staf Ahli, Asisten, Kepala Bagian, Kepala Dinas/Instansi, lurah dan para undangan.

Rangkaian acara dimulai dengan menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya oleh para peserta dan undangan, tentunya dengan penuh hikmat. Kemudian acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah/ janji Pegawai Negeri Sipil oleh Bupati Belitung, Ir.H.Darmansyah Husein, yang diikuti oleh seluruh peserta.  Selain itu, para peserta didampingi juga oleh para rohaniawan dari masing-masing agama dan kepercayaan, yang terdiri dari rohaniawan Agama Islam, Katolik/ Protestan dan Hindu.

Seluruh peserta, mengucapkan  sumpah/ janji  PNS tersebut dengan penuh semangat dan salah satu kutipan dari sumpah/janji PNS yang diucapkan oleh para peserta yakni  “bahwa saya, untuk diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, akan setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara dan Pemerintah”.

Setelah pengambilan sumpah/janji PNS, Bupati Belitung, Ir. H. Darmansyah Husein lanjut membacakan surat pernyataan secara resmi telah mengambil sumpah/janji PNS, pada hari rabu, tanggal 30 Januari 2013 dan sekaligus menandatanganinya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Belitung menyampaikan sambutannya antara lain pengambilan sumpah/ janji ini merupakan salah satu upaya pembinaan terhadap setiap Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), yang diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1974 Pasal 26, dan selanjutnya diubah dengan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian dan Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 1975 tentang Sumpah/Janji PNS.

Bupati juga menekankan bahwa setiap Pegawai Negeri Sipil diwajibkan untuk melaksanakan Fakta Integritas, yang didahului dengan penandatanganan Dokumen Fakta Integritas oleh setiap PNS dan disaksikan oleh atasan langsungnya. Fakta Integritas merupakan dokumen yang berisi pernyataan atau janji kepada diri sendiri tentang komitmen dalam pelaksanaan tugas serta kesanggupan untuk tidak melakukan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme. (KKN)

Masalah kedisiplinan PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung juga menjadi sorotannya seperti jadwal kerja yang tidak sesuai aturan dan para PNS wanita yang selalu menjadikan anak sebagai alasan untuk tidak disiplin. Tentunya untuk hal tersebut tidak ada toleransi dan kepada Kepala BKD Kabupaten Belitung, agar terus dimonitor hal tersebut, ujar Ir. H.Darmansyah Husein.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati Belitung mengucapkan selamat meniti karir sebagai PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung dan mengaharapkan agar mereka bisa menjadi orang-orang yang sukses, bukan hanya dalam karir tetapi juga dalam keluarga, karena keluarga PNS harus bisa menjadi suri teladan dalam kehidupan bermasyarakat.

Acara diakhiri dengan pembacaan do’a dari Drs. Fari dan pemberian selamat secara langsung oleh Bupati Belitung, Ketua DPRD dan diikuti oleh para undangan.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung