Kamis, 31 Januari 2013 13:20

JUARA LOMBA SEKOLAH SEHAT TINGKAT PROVINSI DIRAIH OLEH KABUPATEN BELITUNG

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Eko Maulana Ali, menetapkan pemenang Lomba Sekolah Sehat untuk tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melalui Surat Keputusan nomor: 188.44/856/II/2012, tanggal 27 Desember 2012.

Lomba sekolah sehat telah dilaksanakan pada tanggal 10-11 Desember 2012 yang lalu, dengan  beberapa instrumen penilaian lomba seperti kebersihan dan kerapihan ruangan, ventilasi, letak ventilasi, pencahayaan ruangan, akses tempat cuci tangan, serta penggunaan air pada tempat cuci tangan pada beberapa ruangan di sekolah. Banyaknya item yang dinilai, didasarkan pada jenjang sekolah, sehingga penilaian dari TK, SD/ MI, SMP/ MTs, SMA/ SMK/MA menjadi berbeda.

Adapun, sekolah-sekolah di Kabupaten Belitung yang menjadi pemenang dalam lomba sekolah sehat tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2012, berdasarkan tingkatan sekolah adalah sebagai berikut :


Semua pemenang diatas, akan dilombakan kembali pada lomba sekolah sehat tingkat nasional, pada bulan Juni 2013 mendatang. Kemudian, Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, dr. H. Hendra Kusumajaya, M.EPID menyampaikan ucapan selamat serta apresiasi kepada para pemenang lomba beserta Tim Pembina UKS tingkat Kabupaten dan jajarannya.

Selain itu, Beliau berpesan bahwa kemenangan yang diperoleh bukanlah tujuan akhir dari lomba sekolah sehat atau program UKS, akan tetapi merupakan komitmen, kerja keras, dan cerdas, serta praktek koordinasi dan komunikasi yang baik dari segenap tim kerja baik secara multi program, multi sektor dan multi disiplin ilmu.

Program UKS dalam kegiatannya, bukan hanya menyediakan fasilitas ruang/pelayanan kesehatan pengobatan akan tetapi, utamanya pelayanan kesehatan yang bersifat promotif dan preventif, melalui prinsip dari oleh warga sekolah.

Lomba sekolah sehat tingkat Provinsi merupakan salah satu upaya dalam rangka pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), khususnya di Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), telah dirintis sejak Tahun 1956 melalui project pilot di Jakarta dan Bekasi, merupakan kerjasama yang dilakukan antara Departemen Kesehatan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, dan Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia.
Sumber: Dinas Kesehatan Propinsi Kepulauan Bangka Belitung