Jum'at, 15 Februari 2013 07:34

PEMKAB BELITUNG SERAHKAN DP4 KEPADA KETUA KPU KABUPATEN BELITUNG

Tanjungpandan, Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein diwakili Sekda Kab. Belitung Drs. H. Abdul Fatah, M.Si melakukan penyerahan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) kepada Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Belitung, Agustin, A.Md pada Kamis, (7/02) bertempat di Ruang Sidang Setda Kabupaten Belitung dengan dihadiri Asisten 1 Bidang Pemerintahan Setda, Hj. B. Maiya Hasibuan, SH, Anggota Forkompinda Kabupaten Belitung, Kepala Satker di lingkungan Pemkab Belitung, serta undangan lainnya.

Dalam laporannya Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Belitung Dra. Hotmaria Ida mengatakan, penyerahan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dan pemantapan stabilitas keamanan dan ketertiban, merupakan hal yang mendasar untuk mendukung suksesnya peneyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2014 yang didasarkan pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD, dan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Pemilihan Umum.

Lebih lanjut Hotmaria menjelaskan bahwasanya penyelenggaraan Pemilu dilatar belakangi dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut; Data Agregat Kependudukan Kecamatan (DAK2) paling lambat 16 bulan sebelum hari H (telah dilaksanakan serentak secara nasional pada tanggal 6 Desember 2012). Untuk Kabupaten Belitung DAK2 yang telah ditetapkan secara resmi adalah sejumlah 161.476 penduduk terdiri dari laki-laki 83.015 orang dan perempuan 78.461 orang. DP4 dilaksanakan paling lambat 14 bulan sebelum hari H, yakni terhitung pada hari ini tanggal 7 Februari 2013. Untuk Kabupaten Belitung DP4 yang telah ditetapkan secara resmi adalah sejumlah 121.448 orang.

Selanjutnya KPU akan melaksanakan pemutakhiran DP4 dengan memperhatikan data Pemilih Pemilu dan  atau Gubernur, Bupati/Walikota terakhir 4 bulan terhitung sejak DP4 diterima (8 Februari 2013 s.d 8 Juni 2013). ”Tentunya besar harapan kita semua agar kiranya Pemilu yang akan diselenggarakan di Kabupaten Belitung dapat berjalan baik dan lancar”, kata Hotmaria menutup sambutannya.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Belitung, Agustin, A.Md dalam sambutannya mengatakan, penyerahan DP4 ini masuk dalam tahapan pemilu yang paling penting sebagai dasar bagi KPU untuk melakukan tahapan berikutnya. Dengan diterimanya DP4 ini tentunya hal ini tidak sepenuhnya membuat tanggung jawab menjadi terhenti. Akan tetapi masih perlu dilakukan konsilidasi dan pencermatan untuk menilai keakuratan data yang diberikan, serta memastikan pemilih betul-betul bisa diakomodir.

KPU juga akan terus melakukan koordinasi ulang ke Pemkab Belitung terkait penyerahan DP4 ini, hal ini menyangkut tanggung jawab KPU terkait penyelenggaraan Pemilu. Setelah menerima DP4, maka KPUD Kabupaten Belitung akan segera melakukan pemutakhiran data dalam rangka penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang diperkirakan akan dapat diverifikasi dalam beberapa bulan ke depan.

Sekda Belitung, Drs. Abdul Fatah, M.Si saat membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi mengatakan, penyerahan DP4 tersebut merupakan bagian tahapan yang sangat penting dan strategis dalam penyelenggaraan Pemilu 2014, karena merupakan bahan yang akan diproses lebih lanjut oleh KPU melalui tahapan Pemutakhiran Data Pemilih, Penyusunan dan Pengumuman DPS sampai menjadi DPT.

Oleh karena itu, Pemerintah dan Pemerintah Daerah telah berupaya secara sungguh-sungguh untuk mempersiapkan Data Kependudukan dalam bentuk DP4 yang jauh lebih akurat, merupakan perwujudan akuntabilitas dan aktualisasi dari kewajiban dan tanggung jawab moral Pemerintah dan Pemerintah Daerah untuk berperan dalam memperbaiki kualitas penyelenggaraan Pemilu dari waktu ke waktu secara konsisten, yang merupakan bagian dari proses penguatan dan pendalaman demokrasi (deepening democracy) serta upaya mewujudkan tata pemerintahan presidensiil yang efektif dalam stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat yang terjaga secara kondusif. ”DP4 yang diserahkan hari ini merupakan pemilahan dari database kependudukan secara keseluruhan yang akurasinya sudah ditingkatkan secara maksimal”, jelas Sekda.

Lebih lanjut, dalam rangka mempersiapkan Data Kependudukan yang akurat termasuk DP4, Pemerintah bersama Pemerintah Daerah telah mempersiapkan secara sungguh-sungguh melalui 3 (tiga) Program Strategis Nasional di bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil, yang meliputi pemutakhiran data kependudukan, penerbitan NIK dan penerapan e-KTP secara massal, dengan pemanfaatan SIAK yang didukung oleh perekaman sidik jari dan iris mata dalam perekaman e-KTP, yang secara efektif dapat mengidentifikasi data ganda penduduk.

”Dengan telah diserahkannya DP4 pada hari ini, apabila pihak KPU memerlukan bantuan dan fasilitasi dari pihak Pemerintah dan Pemerintah Daerah, maka KPU harus mengajukan permintaan tertulis kepada Pemerintah yang intinya berisi : waktu, jenis bantuan dan fasilitasi yang dibutuhkan, supaya bantuan dan fasilitasi tersebut tidak dianggap sebagai tindakan intervensi dari pihak pemerintah dan Pemerintah Daerah kepada KPU”, kata Sekda.

Lebih jauh, tentunya penyerahan DP4 ini merupakan bagian sangat penting dalam pelaksanaan Pemilu 2014. DP4 yang diserahkan dalam bentuk CD ini nantinya akan diproses lebih lanjut oleh KPU melalui tahapan pemutakhiran data pemilih. Kemudian penyusunan hingga pengumuman daftar pemilihan sementara menjadi daftar pemilihan tetap. Puncak acara ditandai dengan penyerahan DP4 berupa CD , dilanjutkan penandatanganan Berita Acara Serah Terima DP4 Wilayah Kabupaten Belitung oleh Ketua KPU Kabupaten Belitung.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2012 tentang Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD Dan DPRD, dan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Pemilihan Umum dilakukan dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

Latar Belakang
> Administrasi Kependudukan diselenggarakan melalui Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dan menghasilkan database SIAK tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional.
> Perekaman e-KTP massal untuk penduduk wajib KTP di Tahun 2011-2012 menghasilkan database e-KTP yang dijamin ketunggalannya.
> Database yang akurat dapat terwujud, apabila semua penduduk tercatat dalam database, dan tidak terdapat data ganda.
> Data kependudukan yang akurat, yang digunakan pada Pemilu akan meningkatkan legitimasi hasil Pemilu.
> Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang akurat dapat menghindari terjadinya
 pemilihan ganda.

Penyediaan DP4
> Merupakan tanggung jawab dan kewajiban Kabupaten/Kota; Pemutakhiran melalui Pelayanan Harian Pendaftaran Penduduk (Dafduk) dan Pencatatan Sipil (Capil) agar semua penduduk tercatat dalam database kependududukan Kabupaten/Kota.
> Tanggung jawab dan kewajiban Kementerian Dalam Negeri :
Melakukan pembersihan data ganda dengan memanfaatkan SIAK didukung perekaman E-KTP (Perekaman Sidik Jari dan Iris Mata).
> Hasil dari pembersihan data ganda tersebut diolah menjadi DP4.
> Bupati/Walikota menyerahkan DP4 kepada Ketua KPU Kabupaten/Kota.

Tertib Acara Penyerahan DP4
> Penyerahan DP4 oleh Bupati/Walikota kepada Ketua KPU Kabupaten/Kota di Kantor Bupati/Walikota.
> Penyerahan DP4 tersebut dituangkan secara resmi dalam berita acara serah terima.

Fasilitasi Pemerintah Setelah Penyerahan DAK2 dan DP4


Setelah dilaksanakan penyerahan Data Agregat Kependudukan Kecamatan (DAK2) dan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4), apabila pihak KPU memerlukan bantuan dan fasilitasi dari pihak pemerintah, maka KPU harus mengajukan permintaan tertulis kepada Pemerintah, yang intinya : Waktu, Jenis, bantuan dan fasilitasi yang dibutuhkan). Hal ini sebagaimana telah diatur dalam UU Nomor 15 Tahun 2011 Pasal 126.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung