Rabu, 27 Februari 2013 12:27

Muskab VI PPI Belitung Semangat Membangun Generasi Muda Berkarakter.

Tanjungpandan == Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Belitung menggelar Musyawarah Kabupaten (Muskab) VI PPI Belitung pada, Sabtu (23/2) lalu di Ruang Sidang Pemkab Belitung. Asisten II Setda Kab Belitung, Ir Arpani hadir mewakili Bupati Belitung Darmansyah Husein untuk membuka muskab yang dilaksanakan ke-enam kalinya ini sejak terbentuk tahun 1996 lalu. Turut hadir pada muskab yang mengambil tema “Dengan semangat bagimu negeri jiwa raga kami, jadikan pandu teratai yang mandiri, kreativitas dan berkarakter” ini Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Mirang Uganda, SH serta ketua PPI Bangka Belitung, Yudianto E.S dan tiga orang perwakilan dari Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI).

Ketua Panitia Pelaksana Muskab VI PPI Kabupaten Belitung, Tezar Ardiansyah mengatakan bahwa tujuan dari muskab ini adalah untuk mengevaluasi dan mengesahkan laporan pertanggungjawaban pengurus PPI sebelumnya, dalam hal ini pengurus masa bakti 2009-2013. “Selain itu untuk menyusun dan menetapkan Majelis Pertimbangan Organisasi  juga memilih serta menetapkan Ketua Umum PPI Kabupaten Belitung 2013-2017” ungkap Tezar.

Sementara itu, Ketua PPI Bangka Belitung menyampaikan dalam sambutannya bahwa Anggota PPI dituntut untuk mempunyai kepedulian yang besar dalam mengisi pembangunan. “Dukungan Pemerintah Kabupaten Belitung terhadap PPI Kabupaten Belitung sejak pertama kali terbentuk cukup besar” ujar pemilik nama lengkap Yudianto Evan Setiawan ini menambahkan. Sebelumnya, terkait ajakan penggabungan oleh KNPI, Yudianto mengatakan tidak dapat melakukannya karena PPI termasuk kedalam kategori Organisasi Masyarakat atau ormas, namun PPI akan selalu bersinergi dan saling dukung seiring sejalan dengan KNPI.

Asisten II Setda Kab Belitung dalam sambutannya mewakili Bupati Belitung menekankan bahwa pembentukan karakter pemuda adalah hal yang sangat penting bagi kemajuan suatu bangsa, pemuda-pemudi yang cerdas dan berdaya saing akan mampu menularkan spirit positif bagi lingkungan sekitar. ”Maka dari itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung melalui Dispora selalu memberikan dukungan penuh terhadap setiap kegiatan yang berkaitan dengan pemuda” imbuhnya. “Semoga dengan kepengurusan terpilih yang baru ini nantinya, dapat mempertahankan serta meningkatkan prestasi yang lebih baik lagi” ungkap Arpani menambahkan.

Disamping itu, Ketua PPI Kabupaten Belitung, Eka Rinaldy, juga menyampaikan hal yang hampir senada dengan apa yang disampaikan Asisten II. “Pembentukan karakter pada generasi muda adalah tonggak yang paling penting terhadap kemajuan suatu daerah atau bangsa” ujarnya. Eka terpilih menjadi Ketua PPI Belitung periode 2013-2017 menggantikan Burhan Basri. Eka yang merupakan purna Paskibraka Kabupaten Belitung tahun 1998 ini sebelumnya sempat menjabat Pjs Ketua PPI menggantikan ketua sebelumnya yang mengundurkan diri dari jabatan sebelum masa baktinya berakhir.
Sumber: Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Belitung