Kamis, 28 Maret 2013 05:19

SENSUS PERTANIAN DILAKSANAKAN MEI MENDATANG

Tanjungpandan - Dalam rangka mendukung suksesnya pelaksanaan Sensus Pertanian yang akan dilaksanakan pada bulan Mei mendatang, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Belitung menggelar kegiatan Sosialisasi Sensus Pertanian 2013 yang berlangsung pada Selasa, (26/3) di Ruang Sidang Setda yang dibuka secara resmi oleh Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein.

Dalam laporannya, Ketua Panitia kegiatan Dwi Widiyanto, mengatakan sensus pertanian merupakan agenda rutin BPS yang dilaksanakan setiap sepuluh tahun sekali guna mendapatkan data akurat sebagai bahan perencanaan maupun evaluasi hasil-hasil pembangunan, khususnya disektor pertanian.

Pada pelaksanaan sosialisasi ini, panitia mengundang sebanyak 81 orang peserta, terdiri dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Kepala Dinas/Instansi, Camat, Pimpinan Perusahaan Pertanian, Ketua Gabungan Kelompok Tani dan jurnalis.

Sementara Bupati Belitung dalam sambutannya menghimbau para petugas sensus agar dapat menjunjung prinsip kejujuran dalam bekerja. ”Sampaikan jawaban yang benar dan apa adanya tanpa harus dibuat-buat, sosialisasikan, sampaikan, dan buat masyarakat mengerti akan adanya sensus pertanian ini”, jelasnya.

Lebih lanjut kepada masyarakat, Bupati berharap agar dapat memberikan data-data yang akurat dan benar, karena jika data yang diberikan kepada petugas salah, maka hal ini tentunya akan merugikan daerah. Keberhasilan pelaksanaan Sensus Pertanian ini tentunya ditentukan oleh niat, tekad, dan kesungguhan kita semua. Mari dukung keberhasilan sensus ini dengan ikut mensosialisasikannya di lingkungan tempat bekerja dan masyarakat umum disekitar kita.

Disela-sela acara berlangsung pula penyematan pin oleh Kepala BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Teguh Pramono, MA, didampingi Kepala BPS Kabupaten Belitung, Agus Puji Raharjo, S.Si, M.MA, kepada Bupati Belitung, Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Andi Saparudin Lanna, SH, Asisten I Bidang Pemerintahan Setda B. Maiya Hasibuan, SH, Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Belitung drh. Endang Titiek Udayanti, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Belitung Ir. Toni H.A Batu Bara, SE, MT.
Sumber: Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Belitung