Sabtu, 6 April 2013 23:47

Bupati Belitung Membuka Kegiatan Gelar Teknologi Tepat Guna

Tanjungpandan - Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa, Perempuan Dan Keluarga Berencana (BPMPDKB) Kabupaten Belitung, menggelar acara Teknologi Tepat Guna Kabupaten Belitung (Kamis, 4/4) bertempat di Halaman Kantor BPMPDKB Kabupaten Belitung.

Kepala BPMPDKB, Suharyanto, S.AP melalui Ketua Pelaksana Kegiatan A. Eko Wijarnoko,SH dalam laporannya menyampaikan, Kegiatan ini adalah salah satu kegiatan rutin dan diupayakan dapat memberikan informasi tentang Teknologi Tepat Guna yang dihasilkan oleh para inovator kepada masyarakat. kemudian, ini merupakan seleksi awal rangkaian kegiatan Gelar Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi dan Tingkat Nasional.

Untuk pelaksanaan Gelar Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi direncanakan pada awal bulan Mei 2013. Sedangkan untuk Tingkat Nasional direncanakan akan diadakan di Padang pada bulan Oktober 2013. Tujuan dari pelaksanaan Gelar Teknologi Tepat Guna Tingkat Kab.Belitung ini yaitu diharapkan dapat mempercepat dan menyebarluaskan Teknologi Tepat Guna secara lebih merata, mendorong tumbuhnya inovasi, modifikasi dibidang teknologi serta mendorong masyarakat untuk meningkatkan kualitas dan hasil produksi dengan memanfaatkan teknologi tepat guna. Jumlah peserta 28 Kelompok/Orang yang berasal dari SMP, SMA/Sederajat, dan peserta Umum Se-Kabupaten Belitung yang dinilai langsung oleh Tim penilai dari Unsur SKPD Kabupaten Belitung.

Kegiatan  Gelar Teknologi Tepat Guna juga dilakukan bersamaan dengan diluncurkannya program baru BPMPDKB Kabupaten Belitung yaitu “ Genre Goes to School ” yaitu program yang diharapkan mampu untuk memotivasi kaum pelajar serta anak-anak muda agar mempunyai rencana kedepannya supaya mempunyai tujuan hidup yang jelas. Bupati Belitung Ir H Darmansyah Husein yang berkesempatan hadir serta membuka acara  pada kegiatan tersebut dalam sambutannya mengatakan “ Apa yang dilihat hari ini adalah sebuah pekerjaan yang terencana dan bukan main-main. Saya akan ambil dan simpan hasil dari Teknologi Tepat Guna yang menurut saya layak untuk itu. Kalau bisa yang jadi juara ada catatannya atau paling tidak kita museumkan, supaya generasi yang akan datang bisa tahu apa yang sudah dibuat dan memudahkan mereka memahami serta mengembangkan teknologi tersebut menjadi lebih baik . Berkaitan dengan program baru tersebut siswa siswi diharapkan bisa termotivasi serta mempunyai cita-cita yang jelas dimasa yang akan datang. Akan tetapi bukan hanya mempunyai cita-cita saja, melainkan berfikir bagaimana cara mewujudkan cita-cita tersebut menjadi kenyataan”, jelasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten I Setda Kabupaten Belitung Hj. Maiya Hasibuan,SH, Kepala Bappeda Kabupaten Belitung, Ir Hermanto serta tamu undangan lainnya.

Sumber: Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa, Perempuan Dan Keluarga Berencana