Senin, 8 April 2013 11:44

MARAS TAUN KECAMATAN SELAT NASIK

Maras Taun merupakan agenda tahunan ritual masyarakat Belitung dalam mensyukuri nikmat dan karunia sang pencipta serta ajang pelestarian  budaya asli di Pulau Belitung.  Ritual tahunan ini digelar kembali Minggu (7/4) di Kecamatan Selat Nasik Kabupaten Belitung. Berbagai kegiatan dilakukan untuk memeriahkan acara tersebut, diantaranya tari-tarian, ritual adat pernikahan masyarakat  Belitung tempo dulu, pemotongan Lepat Raksasa yang diikuti rebutan lepat-lepat yang terpajang di meja dan pohon,  lelang ikan hasil tangkapan peserta lomba, lomba panjat pinang,  serta menggelar doa bersama-sama oleh pemuka adat Kecamatan Selat Nasik. Lepat Raksasa seberat sekitar 60 kilogram dan panjang 1,5 meter memang menjadi tontonan  yang unik bagi masyarakat dan merupakan suatu bukti rasa kebersamaan dalam pembuatannya.

Wakil Bupati Belitung dalam sambutannya mengatakan kegiatan Maras Taun merupakan kegiatan sosial masyarakat yang harus terus dilestarikan dan diharapkan keberhasilan masyarakat ke depan lebih baik. Sementara itu Asisten III Setda Prov. Kep. Bangka Belitung Erwandi A Rani mewakili Gubernur Bangka Belitung menyampaikan “ inilah budaya kemasyarakatan tang harus terus dibudayakan  dan saya kaget masa ada pohon buahnya lepat ternyata dipajang begitu “.

Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung Drs. Abdul Fatah, M.Si, Asisten II Setda Kabupaten Belitung Ir. Arpani, Asisten III Setda Kabupaten Belitung Helman, SH serta tamu undangan lainnya.

Sumber: Kecamatan Selat Nasik