Kamis, 18 April 2013 09:20

PEMKAB BELITUNG SAMBUT PESERTA OBSERVASI LAPANGAN DIKLAT KEPEMIMPINAN IV ANGKATAN I BADAN PEMERIKSA KEUANGAN RI

Tanjungpandan - Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, Drs. H. Abdul Fatah, M.Si. mewakili Bupati Belitung menyambut kedatangan para peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan I Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia yang akan melaksanakan observasi lapangan di Pemerintah Kabupaten Belitung, pada Kamis (18/4), di Ruang Sidang  Pemerintah Kabupaten Belitung.

Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan BPK RI, Dr. Cris Kuntadi, SE, MM, CPA, Ak. yang hadir dalam kesempatan tersebut, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Belitung dan jajarannya atas sambutan yang hangat pada rombongan Pusdiklat BPK RI dan para peserta obserbasi lapangan Diklat PIM IV Angkatan I BPK RI.  Selain itu, Dr. Cris Kuntadi, SE, MM, CPA, Ak  menjelaskan bahwa Pusdiklat RI merupakan unit eselon II a, yang memiliki visi “Center of Excellence” untuk menjadikan Pusdiklat BPK RI sebagai pusat unggulan yang tidak hanya mendidik, namun dengan memberikan kontribusi kepada masyarakat umum. Salah satunya dengan beberapa kali menerima peserta diklat baik dari Pemerintah Daerah maupun Swasta, misalnya menerima sertifikasi bagi Akuntan Publik.

Lebih lanjut, Dr. Cris Kuntadi, SE, MM, CPA, Ak. menjelaskan bahwa peserta observasi lapangan tersebut berjumlah 30 orang, terdiri atas 22 orang dari BPK Pusat, 6 orang dari Belitung Timur dan 2 orang dari Waikanan, dan akan dilaksanakan selama 18-20 April 2013. Pada observasi lapangan ini, peserta dibagi menjadi 3 kelompok dengan locus: (1) Inspektorat Kabupaten Belitung, (2) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kab. Belitung, dan (3) Bagian Umum Setda Kabupaten Belitung.

Adapun, agenda ol yang akan dilaksanakan oleh para peserta yakni berkunjung secara langsung ke locus-locus yang telah ditentukan, melakukan diskusi internal dan pra seminar, dan presentasi final oleh masing-masing kelompok dihadapan narasumber, dan berharap bantuan dari Pemerintah Kabupaten Belitung melalui unit terkait dalam observasi lapangan, jelas Dr. Cris Kuntadi, SE, MM, CPA, Ak. 

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, Drs. H. Abdul Fatah, M.Si menyampaikan apresiasi karena Pusdiklat BPK RI telah memilih Kabupaten Belitung sebagai tempat untuk pelaksanaan observasi lapangan. selain itu, Drs. H. Abdul Fatah, M.Si menjelaskan secara singkat gambaran tentang Kabupaten Belitung dan 3 sektor unggulan Pemerintah Kabupaten Belitung saat ini, yakni sektor Pariwisata, Perikanan dan Kelautan, dan Kepelabuhan.

Kedepan, Drs. H. Abdul Fatah, M.Si mengharapkan adanya kerjasama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung dengan Pusdiklat BPK RI, salah satunya dengan mengadakan Diklat Kepemimpinan di Pusdiklat BPK RI dalam rangka meningkatkan kemampuan Aparatur Pemerintah di lingkungan Pemkab Belitung. (Dini)
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung